Politik

Saat Penyanyi Ramai-ramai Jadi Politikus

Selasa, 04 Januari 2022 - 07:29 | 45.22k
Ketum PSI Giring Ganesha. Sebelumnya ia pernah manjadi vokalis band Nidji. (FOTO: dok PSI)
Ketum PSI Giring Ganesha. Sebelumnya ia pernah manjadi vokalis band Nidji. (FOTO: dok PSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Daftar politikus dari penyanyi di tanah air terus bertambah. Banyak alasan mengapa beralih, selain karena ingin mencari pengalaman baru, mereka juga berdalih ingin mengabdikan diri untuk masyarakat yang lebih luas.

Terakhir kemarin, Charly Van Houten bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Ia dikenalkan langsung oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan. Mantan vokalis band ST 12 itu pun siap dicalonkan sebagai anggota DPR RI dari Kota/Kabupaten Cerbon dan Indramayu.

"Ini perintah Ketua Umum (Zulkifli Hasan). Saya siap berupaya maksimal," katanya dikutip dari siaran persnya oleh TIMES Indonesia Selasa (4/1/2022).

Sebelum pelantun lagu 'Jangan Pernah Berubah' itu, sudah ada beberapa penyanyi kenamaan Indonesia yang sudah berpindah haluan menjadi politikus. Berikut daftarnya:

1.  Ahmad Dhani

Pada tahun 2017 lalu, ia resmi menjadi kader Partai Gerindra. Saat itu, salah satu vokalis band Dewa 19 itu pun maju sebagai calon Bupati Bekasi bersama Sa'duddin. Namun pada akhirnya kalah dari Neneng dan Eka Supria.

2. Ian Kasela

Ia pernah mencalonkan diri dalam Pemilu legislatif tahun 2019 lalu dari caleg PDI Perjuangan untuk Dapil Kalsel 1.

3. Anang Hermansyah

Suami dari Asyanti itu pada tahun 2014 lalu masuk PAN. Lalu ia berhasil menjadi anggota DPR RI komisi X.

4. Desy Ratnasari

Penyanyi senior ini terbilang paling sukses di dunia politik. Sebelum menjadi anggota DPR RI 2019-2024, ia juga pernah jadi anggota DPRD Jawa Barat 2014-2019.

5. Riefian Fajarsyah.

Ia vokalis dari band Seventeen. Pada tahun 2019 lalu, ia masuk PKB. Dan mencalonkan legislatif namun kalah.

6. Krisdayanti

Ia bergabung dengan PDI Perjuangan. Pada 2019 lalu. Mantan istri Anang Hermansyah itu pun lolos sebagi anggota DPR RI dapil Jawa Timur (Jatim) V.

7. Pasha Ungu

Tahun 2015 lalu, ia bergabung dengan PAN. Lewat Pilkada 2015 itu juga, Pasha berhasil menjadi Wakil Wali Kota Palu.

8. Mulan Jameela

Perempuan dengan nama asli Raden Wulansari. Ia bergabung dengan partai Gerindra. Dan akhirnya lolos melalui Dapil Jawa Barat XI menjadi anggota DPR RI Masa Bakti 2019-2024.

9. Charly Van Houten

Ia sebelumnya Calon Legislatif DPR RI Partai Perindo, dapil Jabar IX meliputi Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang, namun gagal. Dan kini ia kembali bergabung dengan PAN untuk untuk kembali mengulang nasibnya yang tak mujur tersebut.

10. Giring Ganesha 

Pria dengan nama lengkap Giring Ganesha Djumaryo kini dikenal politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kini Ia menjabat sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Grace Natalie.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES