Wisata

Genjot Pariwisata, BPPD NTB Gelar Lomba Pacuan Kuda di Sumbawa

Senin, 03 Januari 2022 - 21:27 | 156.61k
Kegiatan lomba pacuan kuda di Kabupaten Sumbawa menjadi tradisi yang melekat di tengah masyarakat.(FOTO: sumbawakab.go.id)
Kegiatan lomba pacuan kuda di Kabupaten Sumbawa menjadi tradisi yang melekat di tengah masyarakat.(FOTO: sumbawakab.go.id)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Pemprov NTB melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi NTB (BPPD NTB) menggelar lomba Pacuan Kuda di Arena Angin Laut Biru Sumbawa, Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa. Kegiatan wisata ini diselenggarakan pada 2-16 Januari 2022.

Kegiatan lomba pacuan kuda di Kabupaten Sumbawa tidak hanya sebagai permainan yang digemari oleh penduduk Kabupaten Sumbawa akan tetapi juga telah menjadi tradisi yang melekat di tengah masyarakat.

Selain atraksi lomba pacuan kuda tidak hanya menjadi hiburan semata, akan tetapi telah menjadi ajang meningkatkan nilai jual kuda, khususnya kuda yang menjadi juara dalam perlombaan. Hal ini terbukti dengan harga kuda juara dalam perlombaan dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Arena pacuan Kuda Angin Laut, merupakan lokasi yang menarik dan dinantikan untuk dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan. Dalam Pacuan Kuda Angin Laut, jenis kuda yang ikut pertandingan adalah kuda Sumabawa yaitu kuda dengan postur tubuh kecil. Kuda-kuda tersebut dikategorikan menjadi Tipe A, tipe B, dan Tipe Tunas sesuai dengan umur kuda tersebut.

Sebelum pertandingan dilaksanakan, kuda yang mengikuti pertandingan akan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kuda dapat mengikuti pertandingan dengan optimal.

Dalam pertandingan pacuan kuda, joki yang menjadi peserta pertandingan merupakan anak-anak usia sekolah dasar. Anak-anak tersebut sebagai joki dilatih sejak dini agar mereka saat dewasa dapat disiplin dan pemberani.

Para joki cilik tersebut dilatih bagaimana cara mengendalikan kuda dan cara bertanding di arena pacuan kuda. Untuk menjaga keselamatan para joki cilik dipasangkan peralatan keamanan yang memadai sebagai prosedur keselamatan saat bertanding.

Selain itu, hal yang menarik juga terletak pada keterlibatan para sando (dukun) yang memasangkan mantra ditubuh joki cilik agar selama pertandingan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan yang mengakibatkan adanya luka serius pada joki. Para joki cilik dengan lincah mengarahkan kudanya mengitari arena pacuan dengan panjang pacuan lebih dari 1 km.

pacuan-kuda-3.jpgPoster kegiatan Lomba Pacuan Kuda di Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB.(Grafis: BPPD NTB)

Dalam satu putaran pertandingan pacuan kuda membutuhkan waktu 3-5 menit yang mampu menciptakan suasana hiruk pikuk ketegangan saat menyaksikan para joki cilik menunggangi kuda memacu kecepatan dalam waktu singkat.

Inisiator Event sekaligus pemilik Kerato Angin Laut, Dr. H. Zulkieflimansyah M.Sc menilai bahwa pacuan kuda merupakan event pariwisata unggulan yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi ajang bergengsi yang berasal dari NTB.

Sebab pariwisata tidak hanya didefinisikan sebagai hiburan tapi merupakan bagian dari industri yang melibatkan banyak aktivitas bisnis yang saling berkaitan. Hal tersebut sangat sejalan dengan kondisi NTB yang memiliki beragam potensi untuk bangkit melalui sector industry pariwisata.

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB menyadari dampak ekonomi bagi daerah yang sangat besar dari event seperti ini. Selain menyasar turis mancanegara, potensi turis lokal juga merupakan potensi yang sangat besar dalam pariwisata.

“Harapannya tradisi ini bisa menjadi event nasional yang akan mendatangkan banyak wisatawan lokal dan mancanegara untuk menyaksikan lomba pacuan kuda di Sumbawa ini. Selain itu harapannya bisa meningkatkan sumber daya manusia, sehingga juga kita lakukan dengan pendekatan-pendekatan yang inovatif, adaptif dengan keadaan terkini sekarang," kata Ari Garmono Ketua BPPD NTB.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES