Glutera News

Cordyseps dan Glutathione, Solusi Bagi Perokok dan Penyakit Paru

Senin, 03 Januari 2022 - 14:08 | 68.20k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meningkatnya polusi udara dan jumlah perokok aktif mengakibatkan meningkatnya jumlah penderita penyakit paru-paru. Berdasarkan data Menteri Kesehatan pada tahun 2017 lalu, Indonesia menempati posisi ke-2 dari daftar pengidap penyakit TBC terbanyak di dunia. Jika tidak segera diobati, penyakit paru-paru dapat berujung pada kematian.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggumpalan asap pada paru-paru. Terkhusus untuk perokok aktif, Anda dapat melakukan cara berikut agar paru-paru segera bersih.

Merokok sama saja dengan membawa racun ke dalam tubuh terutama paru-paru. Racun yang sudah masuk ini tentu perlu dikeluarkan agar paru-paru tetap bisa berfungsi meski mungkin tidak maksimal. Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara membersihkan paru-paru perokok? Jika belum, ulasan berikut ini akan menjawab kebingungan Anda.

rexx.jpg

Cara membersihkan paru-paru perokok dengan antioksidan

Membersihkan paru-paru perlu menjadi agenda wajib apabila Anda punya kebiasaan merokok. Jika Anda seorang perokok aktif atau mantan perokok, sebaiknya lakukan cara-cara berikut untuk membersihkan paru-paru. 
Makanan dan minuman yang kaya antioksidan bagus untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan. Dilansir dari The Journal of Nutrition, orang yang minum antioksidan setiap hari mengurangi risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis.

Simpulan ini didapat dari penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea. Bahkan, antioksidan membantu melindungi jaringan paru dari efek berbahaya akibat menghirup asap.
Tak hanya itu, penelitian lain dalam International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease juga menunjukkan manfaat antioksidan lainnya.

Antioksidan diduga kuat mampu membantu melawan produksi lendir, cairan, dan dahak di dalam tubuh. Pasalnya pada perokok, lendir ini cenderung menumpuk di paru-paru dan saluran udara.
Induk dari antioksidan, diakui oleh ribuan ahli adalah glutathione. Dimana mempunyai kekuatan lebih besar dibanding antioksidan lainnya. 

Lebih dari 200.000 jurnal medis telah membahasnya. Glutathione sudah ada sejak kita lahir, namun saat usia 20 tahuan jumlahnya berkurang dan menjelang usia 40 tahun tinggal 50%. Maka dibutuhkan asupan glutathione setiap hari bagi tubuh kita.

GSHH.jpg

Apa itu cordyseps? 

Cordyceps adalah genus jamur yang tumbuh dan bersifat parasit pada larva serangga. Cordyceps bisa menyerang larva yang kemudian mengganti jaringannya. Kemudian, jaringan ini akan tumbuh panjang hingga ke luar tubuh inang atau larva tersebut.Sisa-sisa tubuh jamur Cordyceps dan inangnya tersebut telah banyak digunakan dalam praktik Pengobatan Tradisional Cina atau Traditional Chinese Medicine (TCM), sejak berabad-abad silam.

Jamur ini dijadikan obat untuk menangani kelelahan, rasa tidak enak badan, penyakit ginjal, bahkan hasrat seks rendah.Ada lebih dari 400 spesies Cordyceps yang berhasil ditemukan. Dua yang telah banyak diteliti dalam dunia medis yaitu Cordyceps sinensis dan Cordyceps militaris. Manfaat Cordyceps pun cukup menjanjikan, walau studi yang dilakukan masih banyak pada uji hewan dan uji laboratorium. Dengan begitu, efektivitasnya pada manusia masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut.

1. Dipercaya mampu melawan peradangan

Manfaat Cordyceps lain yang diyakini yaitu melawan peradangan. Di satu sisi, peradangan merupakan hal yang bagus untuk tubuh. Namun, peradangan yang tak terkendali dapat memicu berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.Beberapa ahli percaya bahwa Cordyceps dapat menjadi bahan obat-obatan atau suplemen untuk peradangan. Studi pada hewan pun menemukan, Cordyceps membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan tikus yang diujikan.Riset lanjutan masih diperlukan untuk mengonfirmasikan hal ini.

2. Bantu redakan gangguan pernapasan

Menurut studi yang dilakukan NCBI, Cordyceps dapat meredakan gangguang pernapasan seperti gejala asma, gangguan fungsi paru, dan inflamasi pada pasien asma sedang hingga berat. 

Manfaat jamur cordyceps untuk kesehatan paru-paru 

Sistem pernapasan berkontribusi besar sebagai pembentukan oksigen dalam paru-paru. Oksigen yang terbentuk akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah untuk mendukung fungsi kerja masing-masing organ tubuh.

Bila kesehatan paru-paru terganggu, tentunya berpengaruh pada fungsi organ lainnya. Betapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh, termasuk melindungi paru-paru dari infeksi virus, bakteri, maupun jamur.

Jamur Cordyceps menawarkan manfaat tambahan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan kerja memperkuat daya tahan tubuh. (*)

Be Everlasting with Glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES