Peristiwa Internasional

Kebakaran Meluas di Colorado AS, Sekitar 1000 Rumah Ludes Terbakar

Minggu, 02 Januari 2022 - 09:29 | 85.65k
Puing-puing rumah terbakar yang tertimbun salju di Colorado. (Foto: AP)
Puing-puing rumah terbakar yang tertimbun salju di Colorado. (Foto: AP)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKebakaran hebat melanda negara bagian Colorado AS. Kebakaran ini terjadi mulai Kamis pagi (30/12/2021) waktu setempat.

Dilaporkan, api mulai terlihat jam 07.00 pagi di wilayah Kruger Rock. Hingga saat ini, dilansir dari setidaknya hampir seribu rumah terbakar hangus.

Belum ada laporan korban meninggal dalam kebakaran hebat ini. Namun, 3 orang masih dicari keberadaannya. Dikhawatirkan, mereka meninggal akibat gagal menyelamatkan diri dari bencana tersebut.

Jumat pagi (31/12/2021) pemerintah setempat melaporkan bahwa mereka telah berhasil mengevakuasi setidaknya 3000 jiwa penduduk Colorado. Kepanikan hingga saat ini masih bisa dirasakan meskipun beberapa dari mereka kini sudah tinggsal di penampungan setempat.

Colorado merupakan kota yang padat penduduk. Layaknya sebuah kota, rumah dan bangunan di daerah ini saling berhimpitan. Hal inilah yang membuat hampir seribu rumah terbakar dengan cepat. 

Kebakaran ini meluas dengan cepat karena didukung dengan kencangnya tiupan angin di sekitar area. Ratusan rumah dan bangunan apartemen serta bangunan pemerintahan yang berdekatan menjadi sasaran empuk bagi si jago merah tersebut.

Saat kebakaran berlangsung kota Colorado bagaikan lautan asap. Percikan api dimana-mana. Bahkan beberapa orang mengupload video mereka melintasi lautan api saat menaiki mobil untuk menyelamatkan diri. Banguan runtuh dan terbakar pun terlihat di sana-sini. 

Pemerintah Colorado mendapatkan bantuan alam dengan turunnya salju pada Sabtu pagi (1/1/2022). Salju tersebut membuat api yang berkobar padam dalam hitungan jam. Salju terakhir sebelum kebakaran terjadi diketahui turun terakhir pada 7 Desember 2021 kemarin. 

Namun duka tetap menyelimuti warga. Pasalnya mereka harus kehilangan rumah yang mereka tinggali selama ini serta seluruh harta  benda di dalamnya.

"Kami tak akan bisa melihat foto-foto keluarga kami lagi, itu merupakan bagian tersedihnya," ungkap Leah Angstman, warga Colorado yang berhasil menyelamatkan diri dalam video yang diunggah ABC7.

Kebakaran hebat ini, diduga terjadi akibat putusnya kabel listrik. Hingga saat ini pemerintah Colorado AS dan pihak berwenang masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES