Olahraga

Terima Kasih Timnas Indonesia

Minggu, 02 Januari 2022 - 07:00 | 131.51k
Timnas Indonesia yang berlaga di piala AFF 2020. (FOTO: PSSI)
Timnas Indonesia yang berlaga di piala AFF 2020. (FOTO: PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTATimnas Indonesia harus mengakui kekalahan dari Thailand di final piala AFF 2020. Merunut dari leg-1 hingga leg-2 malam Sabtu (1/1/2022) tadi, Garuda kalah agregat setidaknya 6-2 dari anak-anak asuh Alexander Polking tersebut.

Apa yang salah dan penyebab hingga Indonesia takluk dari tim yang pernah juara enam kali piala AFF tersebut? Tentu tidak ada. Sama sekali tidak ada. Dari sejak games pertama, anak asuh Shin Tae Yong sudah memberikan permainan yang begitu maksimal di setiap laga.

Bahkan, Garuda sudah mampu mengalahkan timnas Malaysia hingga Singapura yang awalnya digadang sebagai calon tim yang akan lolos ke Final piala AFF 2020 tersebut.

Namun nyatanya, tim merah putih mampu mematahkan prediksi itu. Menaklukkan Malaysia 4-1 dan Singapura 4-2 adalah hal yang tak mudah.

Dengan the Lions sendiri, Indonesia bermain begitu dramatis di National Stadium Singapore, Rabu (25/12/2021), malam lalu. Garuda berjuang sampai perpanjangan waktu untuk menumbangkan Singapura yang harus bermain dengan delapan pemain.

Singapura, harus bermain delapan orang setelah Safuwan Baharudin (45+2'), Irfan Fandi (67'), dan Hassan Sunny (120+1'), diusir wasit dengan kartu merah. Dengan kemenangan itu, Indonesia pun menyatakan lolos ke final melawan Thailand yang berhasil menumbangkan Vietnam.

Dengan begitu, masyarakat bukan hanya tak boleh menyalahkan, namun juga harus berterima kasih kepada para pemain dan sang pelatih. Mengapresiasi keringat mereka yang bercucuran ke rumput hijau disetiap menit pertandingannya.

Tetap di Hati

Thailand boleh juara, namun timnas Indonesia tetap di hati. "Terima kasih Squad Garuda. Kalian telah menunjukkan suatu semangat tak gentar. Di bawah tekanan kalian tampil dengan mental juara," demikian tulis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam media sosialnya.

Timnas Indonesia 2

Sandiaga mengajak tim serta masyarakat Indonesia tak berkecil hati atas kekalahan tersebut. Kata dia, harus tetap semangat. Masa depan yang cerah untuk tim kebanggaan Indonesia ada di depan mata.

"Bangkitlah Timnas Indonesia. Apapun hasilnya kalian adalah pemenang di hati kami. Kami bangga," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, meski belum berhasil meraih kemenangan, masyarakat harus tetap bangga pada timnas Indonesia.

Ia pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena sudah berjuang sekuat tenaga. Membangkitkan nasionalisme masyarakat Indonesia. Apapun hasilnya lanjut Zulkifli, dirinya tetap bangga dan akan senantiasa mendukung.

"Untuk pelatih dan jajarannya, jangan menyerah. Tolong teruskan kerja baik ini dan bina pemain-pemain muda kita yang luar biasa di timnas. Saya setuju saran Coach Shin Tae Yong untuk mendorong para pemain Indonesia berkiprah di luar negeri," ujarnya.

Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) tak ketinggalan bersuara. Kepala Negara malam tadi pun sudah menyampaikan selamat kepada Thailand, yang tampil menjadi juara Piala AFF 2020. Menurutnya hal itu layak. Karena mereka bermain lebih bagus dari Indonesia.

"Bagi Timnas Indonesia, kalian sudah berjuang dengan gigih dan sportif. Meski belum juara, saya dan seluruh rakyat Indonesia tetap bangga atas perjuangan Anda semua," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES