News Commerce

Jangan Sampai Salah Pilih, Perhatikan 6 Ini saat Memilih Asuransi Mobil

Jumat, 31 Desember 2021 - 17:54 | 51.93k
Ilustrasi: Asuransi Mobil. (Foto: duitologi)
Ilustrasi: Asuransi Mobil. (Foto: duitologi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dengan segala hiruk pikuk lalu lintas di Indonesia, risiko kecelakaan maupun kehilangan pada mobil tergolong rentan terjadi. Ketika mobil mengalami kerusakan atau bahkan pencurian, kerugian yang diterima oleh pemiliknya sudah pasti sangat besar dan bisa langsung mengacaukan kondisi keuangan. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik mobil untuk menyediakan asuransi mobil.

Melalui produk asuransi tersebut, pemiliknya mampu mendapatkan perlindungan atau ganti rugi saat mobil mengalami kerusakan maupun kehilangan. Dengan membayar premi sejumlah tertentu secara rutin, pemegang polis asuransi mobil bisa berkendara dengan lebih nyaman dan tanpa rasa khawatir akan segala risiko yang mungkin terjadi di jalanan.

Hanya saja, di antara banyaknya perusahaan asuransi yang tawarkan produk asuransi tersebut, Anda mungkin merasa bingung memilih asuransi mobil yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan. Nah, saat akan mengajukan asuransi mobil, cermati dulu beberapa poin yang dapat membantu Anda agar tak salah pilih berikut ini.

1.    Tentukan Jenis Asuransi yang Bakal Dipilih

Sebelum memilih produk asuransi, Anda perlu memahami dulu jenis asuransi mobil yang umumnya ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Terdapat 2 jenis produk asuransi mobil yang biasanya diajukan oleh para pemilik mobil, yaitu, asuransi mobil comprehensive atau all risk, dan asuransi mobil TLO atau Total Loss Only. 

Untuk jenis comprehensive, asuransi mobil akan menjamin seluruh kerugian yang dialami oleh pemilik polis asuransi, mulai dari, kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga risiko kehilangan. Jika membutuhkan cakupan perlindungan yang lengkap dan luas, asuransi jenis ini bisa menjadi pilihan terbaik. 

Sementara untuk asuransi mobil jenis TLO, perusahaan asuransi hanya akan menjamin proteksi atau ganti rugi saat mobil mengalami kerusakan berat dengan biaya perbaikan mencapai 75 persen harga jualnya atau lebih.

Selayaknya jenis comprehensive, asuransi mobil TLO tetap memberikan perlindungan saat mobil mengalami kehilangan karena pencurian atau sebagainya. Dengan perlindungan yang lebih sempit dan terbatas, premi asuransi mobil TLO tentu relatif lebih murah ketimbang jenis all risk.  

2.    Pertimbangkan Manfaat, Perlindungan, dan Proteksi dengan Besaran Preminya

Saat memilih asuransi mobil, Anda tentu ingin mendapatkan keuntungan proteksi semaksimal mungkin, bukan? Untuk itu, pertimbangkan cakupan manfaat dan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi dengan nominal premi yang harus dibayar saat melakukan kredit mobil atau membeli mobil baru.  

Jangan salah, bukan tidak mungkin sebuah perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi dengan cakupan perlindungan lebih luas tapi premi lebih terjangkau. Yang terpenting adalah lakukan perbandingan di banyak perusahaan asuransi sekaligus agar lebih mudah menentukan produk asuransi mana yang terbaik dan paling menguntungkan untuk dipilih.

3.    Pahami Seluruh Isi Polis Asuransi Mobil

Tak kalah pentingnya, Anda juga harus memahami seluruh isi polis asuransi sebelum memilihnya. Ketahui pula syarat dan ketentuan pengajuan asuransi serta pastikan mampu memenuhi semuanya agar pengajuan asuransi mobil berjalan dengan lancar. 

Hal lainnya yang perlu dipahami adalah mengenai prosedur klaim perlindungan asuransi serta aturan pengajuannya. Cek biaya apa saja yang tak termasuk dalam perlindungan asuransi mobil, dan hal-hal yang menjadi pengecualian pada pengajuan klaim asuransi. Jangan sampai saat sudah terlanjur menjadi nasabah asuransi, Anda baru menyadari ada beberapa poin pada polis yang tak sesuai kebutuhan, berisiko merugikan, maupun menurunkan manfaat asuransi mobil.

4.    Pilih Penyedia atau Perusahaan Asuransi yang Kredibel dan Terpercaya

Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan asuransi yang tawarkan produk asuransi mobil. Karena itu, Anda perlu bersikap selektif saat memilih perusahaan asuransi dan pastikan layanannya telah terdaftar serta mengantongi izin usaha dari OJK. Informasi ini bisa dilihat pada daftar perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK di laman situs resminya. 

5.    Ketentuan Kondisi Mobil saat Akan Mendaftar

Beberapa perusahaan asuransi memiliki ketentuan terkait kondisi mobil yang berhak mendapatkan perlindungan dari asuransi mobil. Jika ternyata mobil dalam kondisi yang buruk atau telah memiliki kerusakan, perusahaan asuransi mobil berhak untuk menolak pengajuan asuransi Anda, atau menghilangkan beberapa manfaat proteksinya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperhatikan ketentuan terkait kondisi mobil saat akan mendaftar asuransi kendaraan.  

6.    Beli Kendaraan yang Tak Melebihi Anggaran

Mungkin masih ada yang belum tahu, tapi kebanyakan perusahaan asuransi menentukan nominal premi asuransi mobil berdasarkan harga mobil nasabahnya di pasaran. Semakin mahal harga sebuah kendaraan, semakin mahal pula premi asuransinya. Faktor lainnya yang mempengaruhi harga premi asuransi mobil adalah tahun mobil diproduksi, jenis mobil, serta pelat mobil.

Agar bisa mendapatkan premi asuransi mobil yang lebih terjangkau, pertimbangkan faktor-faktor tersebut saat membeli mobil. Dengan begitu, budget untuk kebutuhan tersebut tak terlalu berat membebani finansial.
Hilangkan Rasa Khawatir, Beri Perlindungan Optimal pada Mobil dengan Asuransi 

Pada dasarnya, memilih asuransi mobil tak jauh berbeda dengan saat memilih produk asuransi lainnya. Pilih asuransi mobil yang memberikan perlindungan optimal sesuai kebutuhan, tak melebihi budget yang tersedia, dan perluas perlindungan yang diperlukan. Dengan begitu, rasa khawatir saat berkendara bisa dihilangkan karena risiko buruk yang mungkin terjadi saat berkendara telah dijamin proteksinya oleh asuransi. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES