Pendidikan Indonesia Herd Immunity

Percepat Pembelajaran Tatap Muka, Menko Perekonomian RI Prioritaskan Vaksinasi Anak

Jumat, 31 Desember 2021 - 17:16 | 73.89k
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto (tengah) saat meninjau kegiatan vaksinasi anak di SDN 05 Kemanggisan, Jakarta Barat, Jumat (31/12/2021) (Foto: Kemenko Perekonomian for TIMES Indonesia)
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto (tengah) saat meninjau kegiatan vaksinasi anak di SDN 05 Kemanggisan, Jakarta Barat, Jumat (31/12/2021) (Foto: Kemenko Perekonomian for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan perluasan dan percepatan vaksinasi Covid-19, khususnya bagi kelompok anak-anak. Upaya ini untuk mendorong tercapainya herd immunity dan sekaligus mendukung akselerasi pembelajaran tatap muka.

“Jadi vaksinasi itu adalah suatu keharusan, maka kami terus mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi termasuk kepada anak-anak akan mendorong tercapainya herd immunity di Indonesia,” kata Menko Airlangga saat meninjau kegiatan vaksinasi anak di SDN 05 Kemanggisan, Jakarta Barat, Jumat (31/12/2021).

Airlangga menjelaskan, pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 khusus untuk anak 6-11 tahun selesai pada kuartal I-2022. Vaksinasi anak-anak menjadi penting karena anak-anak termasuk golongan yang rentan dan sering bertemu dengan kakek-neneknya yang juga termasuk golongan rentan.

Akselerasi vaksinasi, lanjutnya, juga diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka dalam memenuhi hak anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas demi masa depannya.

“Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah setempat dan tenaga kesehatan dari Puskesmas, serta seluruh pihak yang telah mewujudkan terlaksananya vaksinasi di SDN 05 Kemanggisan kali ini,” tuturnya.

Airlangga menegaskan upaya percepatan dan perluasan vaksinasi bagi anak 6-11 tahun membutuhkan kolaborasi semua pihak, baik dari pemerintah pusat, daerah, sekolah, tenaga kesehatan, media, dan tentunya orang tua.

“Saya mohon juga kepada orang tua untuk terus mengajarkan kepada anaknya tentang protokol kesehatan, seperti membiasakan anak untuk mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker saat di luar rumah,” tuturnya.

Kelompok anak-anak berusia antara 6-11 tahun termasuk kelompok yang rentan terhadap serangan Covid-19, di mana sekitar 10 sampai 12 persen populasi yang pernah terkena Covid-19 berada di rentang usia ini. Di sisi lain, Indonesia dan seluruh negara di dunia saat ini juga tengah mewaspadai munculnya Covid-19 varian Omicron.

“Kita melihat capaian vaksinasi kita yang sudah di atas 70 persen secara nasional dan dosis dua sudah diatas 50 persen di atas nasional,” papar Menko Perekonomian RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES