Indonesia Positif

Siap Terjun ke Masyarakat, KKM-DR UIN Maliki Malang Mengabdi di TPQ

Rabu, 29 Desember 2021 - 21:30 | 58.76k
Kelompok Kerja
Kelompok Kerja "Nayaka" saat menyapa siswa di TPQ Nurul Hidayah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR) Kelompok Kerja (Pokja) “Nayaka” UIN Maliki Malang mengunjungi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Hidayah di RT.18 RW. 08, Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Rabu (29/12/2021).

Kunjungan ini sekaligus untuk meminta izin kepada para pengajar di TPQ Nurul Hidayah untuk turut membantu mengajar mengaji selama beberapa minggu ke depan. Terdapat kurang lebih 35 anak yang menimba ilmu di TPQ tersebut dari rentang usia yang berbeda-beda.

Kedatangan kelompok "Nayaka" ini juga disambut hangat oleh Mega, pengajar TPQ Nurul Hidayah. “Alhamdulillah sekali. Tentu saja diterima karena memang di sini kekurangan tenaga pengajar,” ujarnya.

Setelah mendapatkan izin, para mahasiswa ini langsung menyapa seluruh anak yang sedang belajar mengaji dan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka di sana. Para anak ini juga diminta untuk memperkenalkan diri satu persatu. Terlihat raut muka canggung dan malu dari seluruh anak saat para mahasiswa ini menyapa mereka.

“Kita bakal seneng-seneng bareng ya adik-adik semua,” sapa Nita, salah satu anggota KKM-DR Pokja “Nayaka” saat menyapa seluruh siswa.

TPQ Nurul Hidayah memiliki beberapa program bagi para siswanya, diantaranya membaca Al-Qur’an, salawat, dan diba’. Seluruh anggota KKM-DR Pokja Nayaka akan membantu melaksanakan program dari TPQ ini. “Terserah nanti mbak mas semua ini mau ngajar yang mana. Pokoknya kami sangat senang karena ada yang membantu kami,” tutur Mega.

Para mahasiswa peserta KKM-DR UIN Maliki Malang ini siap mengajar seluruh anak dengan ilmu yang mereka dapat selama perkuliahan. Selain mengajar mengaji, para mahasiswa ini juga akan membagikan beberapa ilmu salah satunya dengan mengajar bahasa Inggris. Diharapkan dengan adanya pengabdian para mahasiswa ini, masyarakat sekitar dapat mendapatkan banyak manfaat dan ilmu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES