Ekonomi

ASTRA Infra Akuisisi 49 Persen Saham Ruas Tol Pandaan-Malang

Kamis, 30 Desember 2021 - 16:32 | 57.13k
Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang. (Foto: Astra Infra for TIMES Indonesia)
Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang. (Foto: Astra Infra for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – PT Astra Tol Nusantara (ASTRA Infra) terus membuktikan ikhtiarnya berkontribusi untuk pembangunan infrastruktur berkelanjutan. Menutup tahun 2021, pada Kamis (30/12/2021) ASTRA Infra menuntaskan akuisisi 49 persen saham PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM).

JPM sebagai adalah pengelola ruas jalan tol Pandaan-Malang sepanjang 38,5 km dari PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dengan selesainya proses akuisisi ini maka saham JPM kini dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk - 51 persen dan ASTRA Infra - 49 persen.

Group CEO ASTRA Infra, Djap Tet Fa, mengatakan, bahwa ASTRA Infra konsisten dengan komitmennya mendukung kemajuan infrastruktur bangsa. Memperkuat portfolio bisnis jalan tol dengan berinvestasi pada Ruas Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu wujud ikhtiar ASTRA Infra di tahun 2021.

Hal itu, kata dia, bertujuan untuk terus bertumbuh dan berkontribusi di tengah pandemi. Tol Pandaan-Malang ini merupakan ruas tol ke-8 bagi ASTRA Infra, sehingga akuisisi ini akan menambah kontribusi ASTRA Infra di jalan tol menjadi total panjang 396 Km.

"Ruas Tol Pandaan-Malang yang beroperasi sejak 2019 ini memiliki peranan penting sebagai penghubung dua kota besar di Jawa Timur. Yakni, Surabaya dan Malang," ungkap Tet Fa dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia.

Sehingga ia pun berharap, dapat memudahkan konektivitas bagi masyarakat sehari-hari dan mobilitas logistik hingga potensi industri serta wisata yang dapat dijangkau lebih cepat dibandingkan melalui jalan nasional.

Jalan Tol Pandaan B

"Selain itu, jalan tol tersebut juga mendukung peningkatan akses bagi kawasan ekonomi khusus Singosari dan Bandara Abdul Rachman Saleh di Kota Malang," katanya.

Menurutnya, keberadaan ruas tol ini diharapkan akan dapat mengembangkan potensi ekonomi wilayah sekitarnya, sehingga menciptakan efek berganda bagi kesejahteraan masyarakat serta memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, terutama daerah Malang.

Ia menjelaskan, bahwa ruas Tol Pandaan-Malang memiliki pemandangan alam yang indah yang dikelilingi dengan 6 Gunung. Yaitu Bromo, Semeru, Arjuno, Kawi, Panderman dan Penanggungan.

"Tak hanya itu, ruas tol tersebut, juga telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Ruas Jalan Tol terbaik 2021 dari Kementerian PUPR," ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa ASTRA Infra terus mengedepankan pelayanan menuju operational excellence, termasuk langkah-langkah strategis dalam pengelolaan jalan tol di masa pandemi Covid-19.

"Saat ini kontribusi ASTRA Infra di Jalur Tol Trans Jawa meliputi Ruas Tol Tangerang-Merak, Cikopo Palimanan, Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Jalur Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yaitu Ruas Tol Kebon Jeruk-Ulujami dan JORR 2 di Ruas Tol Kunciran-Serpong," jelasnya (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES