Peristiwa Internasional

Hadiri Misa Natal, Konjen RI Sydney Serukan Pentingnya Persatuan dan Kesatuan

Kamis, 30 Desember 2021 - 08:55 | 93.92k
Konjen RI Sydney, Vedi Kurnia Buana menghadiri acara Misa Natal CIC di St. Mary’s Cathedral, Sydney, Australia pada Minggu (26/12/2021). (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)
Konjen RI Sydney, Vedi Kurnia Buana menghadiri acara Misa Natal CIC di St. Mary’s Cathedral, Sydney, Australia pada Minggu (26/12/2021). (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Konsul Jenderal atau Konjen RI Sydney, Vedi Kurnia Buana menghadiri acara Misa Natal yang diselenggarakan Catholic Indonesian Community (CIC) di St. Mary’s Cathedral, Sydney, Australia pada Minggu (26/12/2021).

Dalam sambutannya, Konjen Vedi menyampaikan, "Mari jadikan perayaan Natal kali ini sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan, menerima dan menghormati perbedaan, serta saling berempati dan menebarkan kasih sayang kepada sesama."

Pesan Konjen Vedi itu sendiri selaras dengan tema Natal Persekutuan Gereja- Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) tahun 2021 yang menekankan 'Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan'.

kjri misa natal 01 1

Mewakili para Koordinator CIC Sydney, Edy Rusli dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya bahwa meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, Misa Natal pada tahun ini dapat terselenggara. 

Sementara  Ketua Panitia Misa Natal CIC, Bram Budiman, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak sehingga Misa Natal CIC tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar.

Misa Natal CIC dipimpin oleh Romo Petrus Suroto selaku Chaplain CIC Sydney dan dihadiri sekitar 500 umat Katolik Indonesia di Sydney dan sekitarnya. Acara yang berlangsung selama sekitar 1,5 jam ini berlangsung secara khidmat dan tertib, serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

kjri misa natal 02 1

Acara Misa Natal tahun ini sudah sangat dinantikan umat Katolik Indonesia di Sydney. Hal tersebut menyusul tidak adanya perayaan Natal pada tahun 2020 karena kebijakan restriksi terkait pandemi Covid-19 yang diberlakukan pemerintah setempat.

Meskipun diselenggarakan di tengah situasi sulit pandemi Covid-19, para panitia mampu berkreasi menghadirkan kentalnya nuansa Indonesia selama Misa. Mereka mengenakan berbagai pakaian tradisional Indonesia, seperti pakaian tradisional Jawa, Sunda, Kalimantan, Batak, dan Bali. Alat musik tradisional angklung juga dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu pujian. 

"Pakaian tradisional dan nuansa ke-Indonesia-an sengaja dihadirkan untuk merefleksikan keberagaman dan kemajemukan Indonesia," ujar Bram.

kjri misa natal 03 1

Selain itu, Gereja  Indonesia - Bethany Sydney dipimpin Pendeta Agus Gunawan melaksanakan perayaan natal di Theatre Powerhouse Museum, 500 Harris Street, Umtimo. 

Pada kesempatan terpisah, acara perayaan Natal juga diselenggarakan oleh Warga Kristen Indonesia (WKI) di Brisbane (18/12/2021). Acara yang dihadiri ratusan umat Kristiani di Brisbane dan sekitarnya berlangsung secara khidmat. 

Mewakili Konjen RI Sydney, Wita Purnamasari selaku Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KJRI Sydney, menyampaikan bahwa perayaan Natal WKI di Brisbane, Australia ini istimewa karena dihadiri umat Kristen dan Katolik. Hal ini menggambarkan kerukunan dan kekompakan umat Kristiani yang menjadi modal penting, terutama dalam menghadapi situasi sulit pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES