Kesehatan

Tak Perlu Bingung, Ini Resep MPASI Mudah untuk Mama Muda

Minggu, 02 Januari 2022 - 05:45 | 69.15k
Gambar untuk beberapa makanan sehat pendamping nutrisi si kecil. (Foto: Alodokter)
Gambar untuk beberapa makanan sehat pendamping nutrisi si kecil. (Foto: Alodokter)

TIMESINDONESIA, MALANG – Banyak hal yang masih perlu diketahui dan dipelajari untuk pasangan baru sebagai bekal berumah tangga termasuk dalam mengurus anak. Pada era kini, teknik pengasuhan anak juga mengalami perkembangan, salah satu contohnya pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Sebenarnya, tidak banyak perubahan antara dulu dan kini saol pengasuhan anak. Hanya saja saat ini hadir dengan metode yang lebih praktis, sehat tentu aman bagi pasangan baru.

Bayi yang dianggap sudah bisa mengonsumsi MPASI umumnya berusia enam bulan. Karena seiring bertambahnya usia si kecil, sistem pencernaannya pun berubah dan otomatis nutrisi yang dibutuhkan cenderung meningkat. 

Dengan mulai mengenal MPASI di era saat ini, ada beberapa resep yang dapat dijadikan inspirasi untuk diberikan kepada si kecil. MPASI yang diberikan selain enak juga harus memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Berikut beberapa rangkuman resep MPASI yang mudah dan sehat. 

1. Jagung Manis dan Bayam

Bahan yang diperlukan yakni satu buah jagung manis, 15 lembar daun bayam, dan lima sendok makan air matang. Setelah mencuci bersih bayam dan jagung, rebus jagung hingga mengeluarkan aroma. Kemudian masak bayam ke air mendidih dan masak dengan api kecil selama 10 menit. Kemudian tambahkan jagung dengan bayam lalu masukkan lima sendok makan air matang. Blender hingga halus, hidangan siap dinikmati si kecil. 

2. Brokoli, Kentang, dan Kaldu Ikan

Bahan yang diperlukan antara lain ½ potong kentang, 3 potong kuntum brokoli, dan 25 gram ati ayam. Cuci bersih kentang dan brokoli, lalu potong-potong kentang menjadi beberapa bagian lalu kukus bersama brokoli selama 10 menit. Rebus juga ati ayam hingga matang, usai semua direbus blender hingga halus. Hidangan siap dinikmati. 

3. Kentang, Daging, Wortel, dan Tomat

Bahan untuk membuat yaitu satu buah kentang ukuran sedang, 25 gram daging sapi cincang, satu buah wortel dan tomat ukuran sedang, bawang putih, bawang bombay, daun bawang secukupnya. Rebus bawang putih, bombay, dan daun bawang kemudian yang sudah digeprek kemudian masukan daging sapi cincang selama 30 menit. Kukus selama 20 menit kentang, wortel, dan tomat yang sudah dipotong-potong. Blender daging sa[i dan tomat terlebih dahulu, kemudan blender wortel dan tomat lalu campur hingga menyatu dan siap dihidangkan. 

4. Bubur Ikan Dori

Bahan yang diperlukan antara lain satu ruas jari ikan dori, satu genggam beras putih, tiga iris bawang bombay, jahe, seledri, dan air secukupnya. Rebus air , masak beras putih dan aduk hingga setengah lembek. Cincang bawang bombay, lalu masukkan dori dan jahe sebagai penawar amis. Aduk beras bersama ikan hingga bercampur rata, tambahkan seledri lalu aduk sampai kental. Diamkan hingga setengah dingin, lalu saring kemudian hidangkan. 

5. Apel Stew dan Cinnamon

Bahannya cukup sederhana yakni satu buah apel, air, dan bubuk kayu manis secukupnya. Cara membuat dengan mengukus irisan apel yang sudah dikupas dan dipotong kecil-kecil. Haluskan apel dengan blender, kemudian saring. Setelah halus, sajikan dengan menambahkan sedikit bubuk kayu manis. 

Itulah beberapa resep mudah dan sederhana untuk rekomendasi resep MPASI bagi ibu baru atau mama muda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES