Gaya Hidup

Tips Meyakinkan Orang Tua untuk Menikah Muda Agar Direstui

Sabtu, 01 Januari 2022 - 09:12 | 407.34k
Gambar animasi pengantin sebagai ilustraasi nikah muda. (foto: merdeka.com)
Gambar animasi pengantin sebagai ilustraasi nikah muda. (foto: merdeka.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenikah muda merupakan langkah yang luar biasa dalam keputusan memulai hidup baru bersama orang lain. Jika seseorang sudah mengambil keputusan tersebut, secara lahir batin telah siap dengan segala hal baru yang mungkin belum pernah dialami sebelumnya.

Namun, keputusan menikah muda bukan tanpa kendala atau halangan. Salah satu yang menentukan adalah restu orang tua. Ada beberapa tips yang bisa diikuti calon pasangan yang hendak menikah muda. Salah satunya dengan terlebih dahulu meyakinkan orang tua bila telah siap menikah muda.

Berikut tips atau inspirasi untuk meyakinkan orang tua jika telah siap menikah usia muda.

1. Menyelesaikan pendidikan 

Salah satu hal yang sangat diragukan orang tua saat anaknya pamit hendak menikah muda yakni pendidikannya. Orang tua tentu tidak ingin anaknya terbengkalai terutama soal pendidikan. Oleh karena itu, dengan menyelesaikan pendidikan secepatnya bisa jadi salah satu bentuk tanggung jawab yang dapat dipersembahkan kepada orang tua sebelum meminta izin untuk menikah. 

2. Tunjukkan sikap dewasa dan bijaksana

Beberapa kasus yang dialami oleh seseorang yang menginjak dewasa, cobalah untuk tidak selalu melibatkan orang tua dalam berbagai urusan atau persoalan. Hal ini dapat dijadikan modal untuk lebih meyakinkan orang tua akan kesiapan anaknya untuk menjalani pernikahan walau usianya masih terbilang muda. 

3. Tunjukkan diri sebagai anak yang berbakti

Jika sudah berumah tangga, maka akan ada keluarga baru dan akan selalu hidup berdampingan walau tidak satu atap. Jika belum menunjukkan sikap berbakti kepada orang tua, maka orang tua cenderung sang anak akan mendapatkan penilaian buruk terutama dari calon mertuanya. Hal ini bisa ditunjukkan dengan usaha dalam menyelesaikan tanggung jawab yang dimiliki saat ini. 

4. Tetap bertanya baik-baik saat orang tua masih enggan merestui

Tidak dipungkiri, apapun usaha yang dilakukan untuk mendapatkan restu dalam menikah muda orang tua akan selalu memiliki alasannya sendiri untuk menolak atau tidak memberikan restu. Maka perlu cara yang tepat dan tetap menanyakannya baik-baik alasan kenapa hingga saat ini belum memberikan restu terhadap rencana menikah muda.

5. Tunjukkan jika mampu secara finansial

Tentu hal ini menjadi pokok utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu saat seseorang hendak membangun rumah tangga. Orang tua akan khawatir mengenai kelangsungan hidup anaknya jika mengetahui anaknya tidak baik-baik saja secara finansial. Oleh karenanya, lebih baik menyelesaikan tanggung jawabnya terlebih dahulu, seperti mencari pekerjaan yang layak demi menghidupi calon keluarganya kelak.

Itulah hal-hal yang harus disiapkan bagi calon pasangan yang hendak menikah muda. Meski bukan termasuk perkara mudah, sebenarnya semua akan memiliki jalannya sendiri jika mempunyai kesiapan yang matang. Hal paling penting dimiliki sebelum berumah tangga yakni bertanggung jawab atas dirinya dan juga orang lain.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES