Gaya Hidup

Kenali Penyebab Anak Menjadi Manja

Minggu, 02 Januari 2022 - 06:49 | 67.28k
Gambaran untuk cara mendidik anak yang manja. (foto: Shutterstock)
Gambaran untuk cara mendidik anak yang manja. (foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAnak manja untuk beberapa orang tua dianggap buruk dan dinilai kurang memiliki inisiatif. Namun siapa sangka ternyata karakter tersebut juga bisa terbentuk dari pola asuh orang tua. Hal inilah yang jarang disadari bahkan banyak yang cenderung menyalahkan si anak manja.

Sebenarnya, hal yang perlu diingat oleh orang tua adalah anak tidak akan menjadi manja secara tiba-tiba. Ada proses tertentu yang membuat mereka menjadi manja. Untuk mencegah hal tersebut, orang tua perlu mengetahui penyebab anak menjadi manja dan tidak mandiri.

Berikut ini penyebab umum yang membuat anak menjadi manja.

1. Orang tua selalu membantu anak dalam segala hal

Bukan berarti orang tua tidak diperbolehkan membantu anak, akan tetapi perlu diperhatikan kadar yang dimiliki si anak. Jika orang tua merasa anak masih sanggup untuk mengatasi semuanya sendiri, maka sesekali coba untuk melepaskan dan mempercayakan pada anak untuk berjuang sendiri. 

2. Orang tua selalu menuruti permintaan anak

Jika hal ini terus dibiarkan, anak akan menganggap semuanya mudah. Termasuk mereka akan meremehkan perjuangan orang lain karena terlalu dipermudah dalam mendapatkan apapun yang dimaui. Cara jitu untuk menghentikannya adalah dengan memperhatikan baik-baik, jika apa yang anak minta tidak begitu primer atau pokok, sebaiknya beri pengertian agar menunda terlebih dahulu.

3. Orang tua memberikan perhatian berlebih atau bahkan kurang

Keduanya sebenarnya harus berada dalam takaran yang sama. Jika anak mengalami perhatian berlebih, maka mereka akan cenderung emosi dan selalu menginginkan perhatian tersebut tetap tertuju padanya. Akan tetapi, jika anak kurang perhatian maka mereka akan cenderung sering merengek kepada siapapun dalam mengharapkan sesuatu. 

4. Prinsip “asal anak senang”

Salah satu yang sering dijumpai misalnya tak jauh-jauh dari sekitar kita saat ini. Pada kondisi anak terlalu sering bermain, sebagai orang tua hanya “biarkan saja asal dia tak menangis” atau “yang penting senang lah”. Hal ini justru berbahaya karena membuat anak 'memanfaatkan' situasi untuk mendapatkan apa yang mereka mau. 

5. Orang tua melayani semua kebutuhan anak

Saat anak mengeluh, hal yang wajib untuk diingat adalah tidak semua yang mereka keluhkan harus dilayani. Sebagai orang tua juga harus mengetahui kapasitas anak dan mencoba memberi mereka kepercayaan untuk dapat melakukan apapun sendiri. Jika mereka dewasa nanti akan cenderung menjadi orang yang acuh dan menggampangkan segala hal juga berpikir jika apapun yang dihadapinya pasti akan ada saja yang membantu. 

Inilah beberapa penyebab umum yang penting untuk diketahui orang tua dalam mendidik anak supaya tak tumbuh menjadi anak manja. Memiliki anak yang manja meski tak memberatkan orang tua, tetapi akan lebih membanggakan bila bisa mandiri dan tak bergantung kepada orang lain.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES