Olahraga

Timnas Indonesia Kalah 4-0 dari Thailand di Leg 1 Final Piala AFF

Rabu, 29 Desember 2021 - 21:40 | 71.39k
Witan Sulaeman menguasai bola saat melawan Thailand (Sumber foto : PSSI)
Witan Sulaeman menguasai bola saat melawan Thailand (Sumber foto : PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTATimnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 4-0 dalam leg I Final Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura pada Rabu (29/12/2021).

Thailand bermain diatas angin sejak menit-menit awal, bahkan di menit 3 mereka sudah unggul atas gol Chanathip Songkrasin. Gol terjadi berkat kejelian Chanathip yang memanfaatkan umpan dari sektor kiri pertahanan Timnas Indonesia yang dilesakkan oleh Phillip Roller.

Usaha untuk mengembangkan permainan terus dilakukan oleh Timnas Indonesia, namun sayang upaya itu kerap kali gagal lantaran pressing ketat yang dilakukan oleh pemain-pemain Thailand.

Sebaliknya, Thailand mengembangkan permainan cepat lewat umpan-umpan pendek yang terus menekan pertahanan Timnas Indonesia.

Peluang Timnas untuk menyamakan kedudukan terjadi di menit 41. Witan Sulaeman lewat umpannya memberikan ancaman, sayang Alfeandra Dewangga gagal memanfaatkan kesempatan dengan baik. Hingga pertandingan babak pertama berakhir, skor tidak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Berusaha merespon hasil yang terjadi di babak yang pertama. Shin Tae-yong melakukan rotasi di awal babak kedua dengan melakukan dua pergantian sekaligus, Elkan baggott gantikan Fachruddin dan Evan Dimas gantikan Edo.

Timnas-Thailand-AFF-2.jpgSelebrasi pemain Timnas Thailand Supachok saat mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia (Sumber foto: Changsuek) 

Usaha itu memang sedikit membawa perubahan bagi permainan Timnas, namun Thailand mampu  memperlebar jarak di menit 52 menjadi 2-0 oleh gol kedua yang kembali dicetak oleh Chanathip Songkrasin. Kali ini Chanathip terbantu oleh aksi solo run Supachok yang berhasil mendekati pertahanan Timnas dengan kecepatannya.

Usaha Timnas Indonesia untuk mengejar ketertinggalan semakin berat, hal ini setelah Thailand kembali membuat Nadeo Argawinata memungut bola dari dalam gawangnya. Kali ini gol ketiga Thailand dicetak oleh Supachok Sarachat di menit 67, tak ragu Supachok melepaskan tembakan keras hasil umpan matang Phillip Roller.

10 menit terakhir waktu normal babak pertama Thailand membabi buta. Mereka menambah gol di menit 83, kali ini gol dicetak oleh Bordin Phala yang memanfaatkan umpan Worachit.

Kendati tertinggal, namun Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk menjadi juara jika mampu memaksimalkan leg II final Piala AFF 2020 yang akan digelar pada (1/1/2022). Hanya saja langkah Timnas Indonesia cukup berat, karena tertinggal dengan agregat 4-0. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES