Ekonomi

Andalkan Klaster Digital Animasi, KEK Singhasari Kian Dimatangkan Tahun 2022

Jumat, 31 Desember 2021 - 11:25 | 86.03k
Klaster Animasi Terbesar di Indonesia ada di KEK Singhasari. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).
Klaster Animasi Terbesar di Indonesia ada di KEK Singhasari. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANG – Kabupaten Malang memiliki Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Singhasari yang dimatangkan tahun 2022. Program prioritas nasional KEK Singhasari ini diproyeksikan mendongkrak perekonomian.

Khususnya di bidang digital serta animasi. Lantaran KEK Singhasari yang berada di Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang ini menerapkan teknik digital animasi.

Bahkan beberapa pembangunan untuk mendongkrak mega proyek tersebut sudah dilakukan oleh PT Intelegensia Grahatama selaku Pengelola KEK Singhasari.

Owner PT Intelegensia Grahatama, David Santoso mengatakan, pihaknya sudah mendirikan Animation and Film Factory di kawasan KEK Singhasari.

"Terdapat 25 perusahaan serta 300 animator yang siap bergabung dengan kami (di KEK Singhasari). Karena kami menyediakan klaster digital animasi," ujar David kepada TIMES Indonesia di suatu kesempatan.

ed1d0434ae79.jpgPembangunan KEK Singhasari yang terus dilakukan. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

Lebih lanjut dia mengatakan, kerjasama dengan Telkom sudah terjalin sebagai tonggak awal mengoptimalkan Klaster Digital Animasi di KEK Singhasari, Kabupaten Malang.

"Perusahaan lainnya siap gabung. Kami juga melibatkan anak SMK jurusan digital animasi dan berbagai komunitas kreatif," terang pria ini ramah tersebut.

Disampaikan itu, beberapa karya animasi sudah mendapatkan apresiasi. Karya berupa video animasi tersebut merupakan binaan KEK Melalui Klaster Digital Animasi.

"Ada beberapa karya film animasi  yang sudah ada di Usee TV. Diantaranya Kuku Rock You, Blab   Blib Blup Blep Blop dan Garuda Ku yang mendapat sambutan luar biasa dari penikmat serta pencinta film animasi.

David menegaskan keberadaan KEK Singhasari melalui Klaster Digital Animasi akan dioptimalkan di tahun 2022 dengan harapan seiring pulihnya ekonomi nasional, dan angka Covid-19 semakin melandai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES