Wisata

Serasa Nostalgia, Ini 10 Wisata Kuliner Legendaris dan Populer di Kota Malang

Kamis, 30 Desember 2021 - 08:32 | 135.66k
Salah satu wisata kuliner legendaris di Kota Malang. (Foto: Instagram Rawon Rampal Malang)
Salah satu wisata kuliner legendaris di Kota Malang. (Foto: Instagram Rawon Rampal Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Berkunjung ke Kota Malang tak puas rasanya jika belum menikmati wisata kuliner di Kota Pendidikan ini. Kota Malang memang terkenal karena kekayaan kuliner Nusantara yang melegenda, dari masa ke masa hingga kini masih menjadi primadona wisatawan.

Kota Malang memiliki daya pikat tersendiri di sektor wisata kuliner. Ada banyak tempat kuliner legendaris yang hingga kini masih beroperasi, bahkan populer di telinga kita.

Penulis dan pakar kuliner, Lilly T. Erwin yang disampaikan ulang oleh Katadata.co.id membeberkan 10 tempat makan legendaris di Malang.

Tempat-tempat wisata kuliner ini bisa bertahan sampai sekarang karena mampu mempertahankan cita rasa yang khas dan mengikuti perkembangan zaman.

1. Rawon Rampal

Rawon Rampal berdiri sejak tahun 1957. Pemiliknya adalah tiga bersaudara Ibu Syarifah, Napsiah, dan Sumiati. Lokasinya tepat berada di Jalan Panglima Sudirman No. 71A, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

2. Toko Oen

Toko Oen memiliki riwayat historis yang cukup kuat. Toko ini didirikan pada tahun 1930-an. Toko ini salah satu dari beberapa cabang yang berada di kota-kota lain. Lokasi tepatnya berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Makanan yang disajikan meliputi aneka kue tempo dulu.

3. Soto Babon Pak Mulyani

Soto Babon Pak Mulyani telah beroperasi sekitar 20 tahun. Kedai yang berada di Jalan Kolonel Slamet Supriyadi No.3, Bandungrejosari, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur ini menjadi populer karena sajiannya yang khas dari bumbu koya khas Lamongan.

4. Toko Roti Andalas

Toko ini berdiri sejak tahun 1963 yang berada di Jalan Andalas. Saat ini, Toko Roti Andalan berada di Jalan Kawi No 11 Kota Malang, Jawa Timur. Pindah tempat sejak 1992. Toko ini menyediakan berbagai varian roti khas dari berbagai negara dan daerah di Nusantara.

5. Depot Semeru

Depot ini mulai beroperasi tahun 1962. Awalnya pemilik depot berjualan dengan cara berkeliling. Depot yang berada di Jalan Semeru No.46, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur ini awalnya bernama Pring Kuning. Ada banyak menu, tapi yang menjadi andalan adalah nasi mawut.

6. Ayam Panggang Mbak Sri Ono (Nyik Sun) Kayutangan

Kawasan Kayutangan Heritage memang menjadi kawasan cagar budaya. Selain banyak bangunan zaman kolonial yang masih dipertahankan, kawasan ini juga menyimpan banyak tempat wisata kuliner legendaris. Salah satunya Ayam Panggang Mbak Sri Ono (Nyik Sun) yang terletak di Jalan Tangkuban Perahu No.23, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

7. Kupang Kraton Hj. Qomariyah

Sesuai namanya, kedai ini didirikan oleh Hj. Qomariyah pada tahun 1964. Lokasi pertama di Jalan WR Supratman, Malang, Jawa Timur. Pada tahun 1990, kiosnya berpindah tempat di Jalan Dr. Cipto kios No.12, Klojen, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

8. Bakso Solo Kidul Pasar

Bakso Solo Kidul Pasar berada di Jalan Ahmad Yani 67, Kota Malang. Wisata kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 1965. Pak Mardi selaku pemilik awalnya berjualan di selatan Pasar Belimbing. Kemudian 1990, ia membuka kios baru di Jalan Ahmad Yani hingga saat ini dikelola oleh generasi kedua.

9. Bakso Gondhol

Bakso Gondhol berdiri sejak tahun 1970. Wisata kuliner ini terletak di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo No.31, Blimbing, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Bakso ini non-halal karena mengandung babi.

10. Rumah Makan Pecel Kawi Hj Musilah

Rumah Makan ini berlokasi di Jalan Kawi Kios No. 43B Kauman, Bareng, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Kawasan ini termasuk kawasan yang memiliki banyak deretan restoran terkenal. Nasi pecel buatan Bu Haji ini melegenda dan dikunjungi oleh pejabat dan tokoh-tokoh yang berkunjung ke Malang.

Itu lah 10 tempat wisata kuliner legendaris dan populer di Kota Malang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kota Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES