Gaya Hidup

Jelang 2022, Simak Tips Mengelola Keuangan Agar Tidak Jebol

Jumat, 31 Desember 2021 - 06:19 | 90.73k
Ilustrasi keuangan. (Foto : Shutterstock)
Ilustrasi keuangan. (Foto : Shutterstock)

TIMESINDONESIA, MALANG – Momentum menjelang pergantian tahun, biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membeli barang baru termasuk pelesir wisata. Tips mengelola keuangan menjadi hal penting pada momen tersebut.

Biasanya, momen pergantian tahun dimanfaatkan sebagian orang untuk berbelanja. Mulai dari membeli baju, ponsel, hingga kendaraan baru. Sedangkan untuk wisata, biasanya akan pelesir ke luar kota hingga membeli oleh-oleh yang tentunya membutuhkan biaya maupun uang untuk membelinya.

Hal ini sah-sah saja dilakukan, tidak ada larangan melakukannya. Namun, perlu diingat harus pintar mengelola keuangan pada momentum tahun baru agar tidak jebol.

Karena dibutuhkan pengelolaan yang baik, mengingat tahun baru bersamaan momentum lainnya. Seperti tahun ajaran baru anak-anak yang juga membutuhkan dana.

Maka dari itu, perlu disimak tips mengelola keuangan agar tidak jebol. Berikut tipsnya.

1. Merencanakan Penggunaan Keuangan

Sebelum tahun baru 2022 tiba, sebaiknya anda melakukan perencanaan penggunaan keuangan jauh-jauh hari. Supaya dapat mengelola keuangan dengan baik. Sehingga menjadi tahu, berapa uang yang dibutuhkan dan dikeluarkan.

Perencana keuangan, merupakan salah satu cara mengelola keuangan agar tidak jebol jelang tahun baru. Karena menyesuaikan dengan kebutuhan keuangan yang ada.

2. Beli Barang Branded Second

Tidak semua barang harus dibeli dalam keadaan baru pada tahun baru. Terlebih barang branded yang mahal, tentunya akan membutuhkan banyak yang ketika membeli baru.

Contohnya membeli smartphone merk iPhone, maka akan membutuhkan uang yang banyak apabila beli baru. Begitupula dengan kendaraan seperti sepeda motor bahkan mobil.

Maka dari itu, bisa membeli barang branded yang second. Namun, tetap memperhatikan kondisi yang baik dan tidak rusak. Sehingga dapat menekan pengeluaran keuangan.

3. Kontrol Keuangan dengan Berhemat

Mengontrol keuangan dengan berhemat, bisa menjadi salah satu solusi agar keuangan tidak jebol saat tahun baru. Tidak semua barang yang telah direncanakan dibeli. Mengingat kondisi keuangan yang berbeda-beda tiap orang.

Terlebih situasi Pandemi saat ini, membuat pemulihan ekonomi masih berjalan. Sehingga, wajar saja kalau memilih cara berhemat menjadi bijak ditengah situasi yang belum menentu.

4. Beli Barang yang Benar-benar Dibutuhkan

Ketika membeli barang, belilah yang benar-benar dibutuhkan. Contohnya, membeli kendaraan second baru untuk menggantikan kendaraan lama yang sering mogok ketika digunakan.

Tentunya hal tersebut akan memberikan manfaat lebih apabila digunakan. Jangan memaksa membeli barang baru jelang tahun baru 2022 dengan cara berhutang, agar keuangan tidak jebol. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES