Kuliner

Simak Cara Membuat Manisan Salak Tanpa Bahan Pengawet

Rabu, 29 Desember 2021 - 15:15 | 112.67k
Hidangan Manisan Salak. (Foto: cookpad.com)
Hidangan Manisan Salak. (Foto: cookpad.com)

TIMESINDONESIA, MALANG – Hidangan manisan semakin populer dengan berbagai varian. Tapi, varian dengan kemasan yang menggunakan bahan pengawet tentu kurang baik untuk dikonsumsi. Seperti manisan salak yang digemari oleh kebanyakan masyarakat.

Buah Salak dengan nama latin Salacca Zalacca dapat diolah menjadi manisan. Kamu bisa mengolahnya menjadi kering, basah, dan pedas.

TIMES Lovers tentunya ingin menikmati hidangan Manisan Salak tang enak, segar, dan bikin nagih. Eits, yang terpenting lagi, tanpa bahan pengawet, ya!

Sebelum membuat, kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Yakni, 5 kg salak, 1 kg gula pasir, 5 liter air, dan 1/2 sendok teh garam.

Cara membuatnya, kupas buah salak terlebih dahulu. Dipotong sesuai selera. Lalu, sisihkan. Kemudian, rebus air, gula pasir, dan garam hingga mendidih. Pastikan gula pasir larut. Untuk hasil maksimal, gunakan tekanan api kecil sembari diaduk santuy.

Selanjutnya, masukkan buah salak yang sudah dipotong tersebut dan aduk hingga merata sampai matang.

Kemudian, angkat buah salak dan biarkan sampai dingin. Lalu masukkan manisan salak ke tempat yang telah disiapkan untuk disimpan di dalam kulkas, atau langsung disantap.

Mudah bukan? Itu lah cara membuat manisan salak tanpa bahan pengawet. Yuk, dicoba untuk menemani hidangan pelengkap TIMES Lovers! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES