Gaya Hidup

Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Daerah di Indonesia

Jumat, 31 Desember 2021 - 21:05 | 129.57k
ILUSTRASI - Jagung bakar makanan khas tahun baru. (FOTO: elearn.id)
ILUSTRASI - Jagung bakar makanan khas tahun baru. (FOTO: elearn.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Momen Tahun baru banyak dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga, kerabat dan teman dekat. Cara merayakannya tahun baru di berbagai daerah berbeda-beda. Begitu juga dengan makanan khas yang menjadi ciri khas di setiap daerah.

Apa saja ya makanan khas tahun baru di berbagai daerah di Indonesia?  Berikut makanan khas Tahun Baru yang wajib kalian tahu

1. Lomang ( Sumatera Utara)

Lemang atau Lomang yang dikenal di daerah Sumatera Utara menjadi makanan khas yang wajib ada saat tahun baru. Begitu juga saat lebaran. Menu ini bisa dipakai dihari-hari besar. Lomang yang terbuat dari beras ketan yang masukan ke dalam bambu lalu diberi santan dengan bumbu yang sudah diracik lalu dibakar.

2. Sate Pleacing Mak Lukluk (Bali)

Kuliner ini sudah sangat popular tidak hanya di Indonesia tetapi sudah mendunia. Sambel plecing yang merupakan sambal khas Bali yang terdiri dari cabe, tomat, garam, gula, jeruk kimau, bawang merah, bawang putih dan terasi yang dihaluskan. Menu ini menjadi menu yang wajib anda coba pada saat liburan di Bali kala menunggu momen pergantian tahun.

3. Sate Madura

Sate madura sudah sangat familiar di kalangan masyarkat Indonesia yang memiliki bumbu khas. Sate Madura ini dapat ditemukan hampir di semua daerah nusantara. Buat anda yang tidak ingin ribet bisa membeli sate Madura terdekat.

4. Sate Kambing Bumbu Santan (Kalimantan Selatan)

Bagi pecinta daging terutama daging kambing bisa mencoba menu khas daerah Kalimantan Selatan. Sate kambing dengan bumbu santan memberikan pengalaman rasa yang beda dengan sate lainnya

5. Sate ayam, sosis bakar, jagung bakar ala anak kost

Seperti diketahui, di beberapa daerah banyak mahasiswa merantau atau sering dikenal dengan anak kost. Menu ini bisa menjadi pilihan anak kost untuk berkumpul dengan teman menunggu moment pergantian tahun.

Diantara makanan khas daerah di atas, mana menurut kamu yang paling ingin kamu coba saat Tahun Baru?

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES