Pendidikan

Pemkab Bondowoso Beri Penghargaan Sekolah Paling Peduli Lingkungan, Ini Daftarnya

Selasa, 28 Desember 2021 - 18:33 | 51.38k
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat menyerahkan piagam penghargaan untuk sekolah paling peduli lingkungan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat menyerahkan piagam penghargaan untuk sekolah paling peduli lingkungan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, melalui DLHP (Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan), memberikan penghargaan Adiwiyata kepada delapan sekolah paling peduli lingkungan.

Delapan sekolah tersebut diantaranya SDN Dabasah 4; SDN Maskuning Wetan 2 Pujer; SDN Kejayan 1 Pujer; SDN Blindungan 1; SDN Cindogo 1 Tapen; SMPN 1 Tegalampel; SDN Pakuniran 2 Maesan; dan SDN Cermee 5.

Dua sekolah diantaranya mendapatkan penghargaan Adiwiyata 2021 dari Pemprov Jawa Timur. Yaitu SDN Dabasah 4 dan SDN Maskuning Wetan 2 Pujer.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin, di pendapa bupati, Selasa (28/12/2021).

Bupati Bondowoso, Salwa Arifin mengatakan, ada beberapa indikator dasar dalam penilaianan Adiwiyata. Yaitu sekolah tersebut mendukung dalam pelestarian lingkungan. Mulai kebersihan, pemilahan sampah, resapan air dan beberapa indikator lainnya.

Penghargaan Adiwiyata kata dia, untuk membangun kesadaran pengelolaan lingkungan hidup. Serta untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

"Pemkab Bondowoso melakukan beberapa program strategis. Diantaranya Sekolah Adiwiyata, Desa/Kelurahan Berseri dan juga Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup (PFLH)," paparnya.

Sebenarnya kata dia, Adiwiyata merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup. "Sedangkan Berseri dan PFLH adalah program dari DLH Provinsi Jawa Timur," imbuhnya.

Sementara Kepala DLHP Bondowoso, Aries Agung Sungkowo menambahkan, sejumlah sekolah yang ikut berpartisipasi meningkat dibanding sebelumnya.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya, SD untuk ikut Adiwiyata sangat sedikit dan kebanyakan menolak," paparnya.

Ke depan, delapan sekolah paling peduli lingkungan di Bondowoso tersebut akan dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam lomba yang sama.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES