Pendidikan

Menko PMK RI: Tugas Guru Membantu Siswa Temukan Kelebihan dan Keunggulannya

Selasa, 28 Desember 2021 - 15:28 | 20.87k
Ilustrasi pembelajaran di Sekolah Dasar. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Ilustrasi pembelajaran di Sekolah Dasar. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK RI) Muhadjir Effendy mengapresiasi terselenggaranya Jaccolab Festival 2021 Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah se-DKI Jakarta pada Selasa (28/12/2021).

Jaccolab Festival 2021 merupakan ajang apresiasi seni dan bakat peserta didik SD Muhammadiyah se-DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah DKI Jakarta dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SD Muhammadiyah DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan ini menjadi suatu hal yang bagus dalam upaya kita untuk membangun kinerja dan kapasitas atau kemampuan dari SD Muhammadiyah di DKI Jakarta," ujar Muhadjir dalam sambutannya secara daring.

Muhadjir menilai, penyelenggaraan Jaccolab Festival memberikan peluang para siswa dan siswi SD Muhammadiyah Jakarta untuk berkompetisi dan menunjukkan kemampuannya bakatnya yang tentu saja sangat penting. Dia mengatakan, kegiatan kompetisi ini patut untuk diterapkan untuk SD Muhammadiyah se-Indonesia.

pembelajaran B

"Suasana kompetisi ini merupakan realisasi atau manifestasi semboyan Fastabiqul Khairat, yakni berlomba-lomba dalam kebaikan," kata Muhadjir.

Lebih lanjut, menurut Muhadjir, selain kompetisi, yang lebih penting untuk dilakukan oleh guru-guru di SD Muhammadiyah adalah memberikan kesempatan siswa-siswi menemukan jati dirinya masing-masing. "Karena setiap siswa punya kelebihan dan keunikan," tuturnya.

Muhadjir mengungkapkan, para guru tidak boleh menghentikan harapan anak-anak apabila tidak memiliki keunggulan di satu bidang.

Menurutnya, tugas guru dan sekolah untuk mengeksplor dan membantu anak menemukan kelebihannya dan keunggulannya. Hal itu penting sebagai modal utama anak-anak untuk meniti kehidupan di masa yang akan datang.

"Jadi bapak ibu guru dan kepala sekolah, tolong betul-betul dikenali kepribadian kekhasan keunggulan masing-masing siswa. Dan kembangkan itu. Sehingga kalau dia tidak mampu berkompetisi di bidang lain, dia punya keunggulan di bidang lain. Pasti dia punya kelebihan," tandas Menko PMK RI, Muhadjir Effendy. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES