Ekonomi

Dapat Suntikan Dana Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Masuk Jajaran Unicorn

Selasa, 28 Desember 2021 - 09:18 | 64.13k
CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata. (foto: dok Kopi Kenangan)
CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata. (foto: dok Kopi Kenangan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Satu lagi usaha milik anak negeri yang berstatus unicorn. Adalah jaringan makanan dan minuman Kopi Kenangan yang kini masuk dalam jajaran usaha berstatus unicorn usai mendapat pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai US$96 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.

Dikutip dari katadata, unicorn merupakan sebutan bagi startup dengan valuasi di atas US$ 1 miliar. Sedangkan decacorn memiliki valuasi lebih dari US$ 10 miliar.

CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam keterangan resmi, Senin (27/12/2021) memaparkan pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun, dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

"Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan kini menembus US$1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara," katanya.

Kopi Kenangan b

Edward menyebut dana besar dari investor diraih berkat keberhasilan Kopi Kenangan mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Selain itu, Kopi Kenangan juga disebutnya mempunyai Break Event Point (BEP) lebih cepat disetiap gerai.

Edward menambahkan, selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia.

"Kopi Kenangan menjadi merek dengan permintaan domestik yang tinggi. Hal ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat," ucap Edward.

Dengan pendanaan baru ini, Edward mengatakan, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat ekspansi gerai ke seluruh Indonesia dan memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional demi mewujudkan visi menjadikan Kopi Kenangan merek yang paling dicintai para pelanggan di Asia Tenggara.

Kopi Kenangan c

"Selain itu, terkait rencana 5 tahun ke depan, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio Kopi Kenangan dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES