Ekonomi

Empat UMKM Gresik Kantongi Sertifikasi Produk dari Kementerian Perikanan RI

Senin, 27 Desember 2021 - 15:52 | 26.67k
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menyerahkan sertifikasi produk perikanan kepada UMKM dari Kementerian Perikanan RI (Foto: Bagian Prokopim Pemkab Gresik for TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menyerahkan sertifikasi produk perikanan kepada UMKM dari Kementerian Perikanan RI (Foto: Bagian Prokopim Pemkab Gresik for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Empat UMKM Gresik mendapat sertifikat Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), sertifikat Instalasi Karantina Ikan (IKI) dan sertifikat Cara Karantina Ikan Yang Baik (CKIB) dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Pangan (BKIPM) Kementerian Perikanan RI

Empat UMKM tersebut antara lain, Mansyur Farm Bawean yang menerima sertifikat IKI dan CKIB, Mie Hokky dari Kecamatan Manyar, UD. Multi Sarana Niaga Bandeng Mentari, dan UD. Family Food yang masing-masing menerima sertifikat HACCP.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan sektor UMKM berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Hal ini terbukti dengan masih bertahannya sektor usaha UMKM dalam masa pandemi.

"UMKM ini merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Kemandirian yang telah dilakukan pelaku UMKM di tengah kemajuan teknologi dan kondisi pandemi merupakan suatu hal yang luar biasa apalagi bapak ibu bisa beradaptasi dengan keadaan," katanya, Senin (27/12/2021).

Sebagai pemangku kebijakan, Gus Yani selalu mendukung UMKM dengan menjadi fasilitator yang bijak, salah satunya kita lakukan lewat Nawa Karsa yaitu 3 B (Bela, Beli, Bagi) produk UMKM.

Gus Yani juga mendorong UMKM untuk selalu berorientasi dan berani ekspor. Hal ini penting dalam usaha pemulihan ekonomi nasional. Barang ekspor merupakan salah satu komponen produk domestik bruto yang dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Kami berupaya dan telah menyiapkan berbagai program dalam menaikkan kelas UMKM, diantaranya fasilitasi pelatihan ekspor, pendampingan dan asistensi, perijinan, branding, sertifikasi halal dan lain-lain," jelasnya menanggapi empat UMKM Gresik kantong sertifikat dari Kementerian Perikanan RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES