Kuliner

Coklat Rasa Unik Buatan UMKM Madiun, Varian Isi Ubi Paling Digemari

Senin, 27 Desember 2021 - 02:30 | 80.09k
Aneka varian Chobi Kreeesss, coklat isi ubi paling banyak dicari konsumen. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)
Aneka varian Chobi Kreeesss, coklat isi ubi paling banyak dicari konsumen. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Produk UMKM Madiun kini makin kreatif dan variatif. Salah satunya coklat yang diproduksi Mak Nyok Factory, Desa Sukolilo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Tidak seperti produk pabrikan, coklat bermerk Chobi Kreeesss itu punya varian isi yang unik.

"Kalau biasanya coklat itu isiannya kacang mete atau almond, saya pakai ubi, pisang, melinjo dan wijen," ujar Ulfa Arinalistyani owner Maknyok Factory, Minggu (26/12/2021). 

Ulfa mengungkapkan, isian coklat sengaja dibuat crunchy. Bahan isian seperti ubi atau pisang diparut atau dipotong halus kemudian digoreng kering. Sedangkan melinjo dan wijen disangrai.

"Karena isiannya kering, coklat Chobi akan terasa lembut di luar tapi kriuk di dalam," kata Ulfa.

Chobi-Kreeesss-2.jpgProduk coklat buatan Maknyok Factory sudah bersertifikat halal dan memiliki PIRT. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

Ada 6 varian isi coklat Chobi buatan Ulfa. Yakni ubi, pisang, melinjo, kacang tanah, mete dan wijen. Coklat isian ubi termasuk paling laku karena rasanya unik. Ubi yang dipakai isian juga pilihan.

"Tidak semua ubi bisa dipakai karena tekstur dan rasanya berbeda. Saya pakai ubi kulit merah karena manis dan kriuk kalau digoreng," jelas Ulfa.

Penggemar coklat tidak perlu khawatir soal harga. Chobi Kreeesss tersedia dalam kemasan ekonomis dalam pouch cantik 70 gram. Isinya 10-11 batang coklat berbentuk persegi kecil. Coklatnya padat dan tidak mudah meleleh.

Soal rasa, Chobi Kreeesss tidak kalah dengan coklat pabrikan. Kualitas produkjuga terjamin karena  sudah memiliki sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) dan bersertifikasi halal. Coklat buatan UMKM Madiun ini dipasarkan lewat sosial media dan toko oleh-oleh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES