Wisata

Berwisata Sambil Icip-icip Buah Anggur Segar di Kebun Inspirasi Ngawi

Minggu, 26 Desember 2021 - 13:06 | 179.21k
Kebun Inspirasi di Ngawi, perkebunan anggur yang bisa jadi tempat wisata sekaligus Icip-icip buah anggur segar. (FOTO: M.Miftakul/TIMES Indonesia)
Kebun Inspirasi di Ngawi, perkebunan anggur yang bisa jadi tempat wisata sekaligus Icip-icip buah anggur segar. (FOTO: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Berwisata di kebun buah bisa menjadi alternatif liburan saat akhir pekan. Seperti Kebun Inspirasi di Ngawi. Kebun buah anggur yang menciptakan nuansa wisata pertanian (agrowisata) dan ramai dikunjungi wisatawan.

Kebun Inspirasi berada di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Kira-kira 7 kilometer ke arah selatan jika diakses dari terminal Bus Ngrambe.

Di kebun yang memiliki luas lahan satu hektar itu, terdapat puluhan pohon anggur dari berbagai varian. Rata-rata, pohon anggur sudah berbuah dan mulai ranum siap untuk dipetik.

Penataan tanaman anggur pun dibuat sedemikian rupa. Sehingga membentuk semacam lorong pepohonan. Pengunjung bisa berjalan dibawah rimbun pepohonan anggur yang buahnya menggelantung diatas langit-langit.

Tanaman-anggur-di-kebun-Inspirasi-membentuk-lorong.jpgTanaman anggur di kebun Inspirasi membentuk lorong. (FOTO: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

Pada sisi tengahnya, berjajar bangku-bangku tempat bersantai sambil menikmati suasana. Apalagi Kebun Inspirasi ini berada di kawasan pegunungan. Hawa nan sejuk asri gunung Lawu tentu menambah kenikmatan berwisata di akhir pekan.

Eva Kustiana pengelola Kebun Inspirasi mengatakan, selain terdapat kebun anggur, di Kebun Inspirasi juga ada perkebunan buah lainnya. Seperti Kebun pisang cavendish, kebun jambu, dan kebun sayur.

Selain itu, seperti namanya, kebun ini kata Eva, diharapkan bisa menjadikan inspirasi bagi para pengunjung untuk mulai berbudidaya tanaman buah.

"Kita ingin nantinya Kebun Inspirasi ini menjadi wisata edukasi," katanya kepada TIMES Indonesia, Minggu (26/12/21).

Untuk koleksi pohon anggur, kata Eva, Kebun Inspirasi memiliki koleksi delapan varian anggur yang populer di Indonesia. Diantaranya varian Ninel, Dixon, Jupiter, dan lainnya.

Sementara untuk jumlah pohon anggur, ada sebanyak 60 batang pohon. Selain ditanam di lorong, 20 diantaranya ditanam khusus untuk kebun produksi.

buah.jpg

 

"Pengunjung bisa mencicipi buah anggur langsung dari pohon. Tentu saja buahnya masih segar karena langsung petik dari pohon," ujarnya.

Para pengunjung nantinya juga bisa membeli buah anggur sebagai oleh-oleh. Untuk satu kilogram buah anggur segar dari Kebun Inspirasi, dibanderol diatas Rp80 ribu.

"Kita menyediakan buah anggur untuk oleh-oleh. Kalau untuk petik sendiri, saat ini kita masih memaksimalkan produksi buah anggur di kebun khusus produksi. Harganya nanti di atas pasaran, karena buah anggurnya benar-benar fresh, dan dipetik langsung oleh pengunjung," katanya.

Jika hanya ingin berkunjung, tempat ini juga cocok untuk nongkrong. Suasana sejuk asri gunung Lawu menambah kenikmatan bersantai bersama keluarga atau teman. Apalagi ditempat ini juga tersedia cafe untuk pesan makanan atau minuman, pelengkap kebersamaan.

Bagi yang doyan selfie, Kebun Inspirasi juga mendukung untuk berswafoto. Latar pepohonan anggur, tentu menjadikan hasil foto makin menarik dan anti mainstream.

Tiket masuk Kebun Inspirasi hanya Rp10 ribu untuk satu orang. Cukup murah dan terjangkau bagi seluruh kalangan. Seharga itu, juga termasuk gratis segelas kopi dan sebungkus camilan.

"Melalui Kebun Inspirasi, kita juga menggerakkan perekonomian UMKM sekitar. Kopi dan camilan produksi warga desa," ungkapnya.

Bagi pengunjung yang berminat membudidayakan tanaman buah, Kebun Inspirasi juga menyediakan bibit beraneka ragam. Mulai dari buah anggur, durian, dan masih banyak lagi lainnya.

Kebun Inspirasi di Ngawi, wajib menjadi daftar kunjungan bagi wisatawan yang ingin rekreasi dengan suasana yang berbeda. Selain terjangkau, pengunjung juga bisa icip-icip buah anggur segar langsung dipetik dari perkebunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES