Peristiwa Internasional

NASA Luncurkan James Webb, Teleskop Luar Angkasa dengan Daya Tangkap Tertajam

Minggu, 26 Desember 2021 - 11:02 | 66.25k
Ilustrasi: James Webb Space Telescope, teleskop terbesar NASA. (FOTO: Northrop Grumman)
Ilustrasi: James Webb Space Telescope, teleskop terbesar NASA. (FOTO: Northrop Grumman)

TIMESINDONESIA, JAKARTANASA akhirnya berhasil meluncurkan teleskop terbesar dan termegah sepanjang masa yang mereka namakan James Webb SPace Telescope.

Teleskop ini digadang memiliki daya tangkap gambar tertajam dan terjelas. Peluncurannya dilaksanakan tepat pada tanggal 25 Desember kemarin dari sebuah landasan di Kourou, French Guiana.

Setelah mengalami beberapa kendala, mulai dana dana hingga teknis, akhirnya James Webb Space Telescope berhasil diluncurkan kemarin. Teleskop termegah ini sudah dirancang beberapa dekade, mulai tahun 1996. Pengerjaan teleskop ini dibantu oleh European Space Agency (ESA) dan Canadian Space Agency (CSA).

Sebelumnya, NASA sempat menjadwadkan peluncuran James Webb beberapa kali. Pada tahun 2010, 2013, dan 2018. Namun kesemuanya harus gagal karena alasan teknis. Kesalahan teknis tersebut umumnya kecil, seperti longgarnya sekrup atau baut-baut pencengkeram

"Teleskop ini rumit dan rentan. Kesalahan itu wajar, tapi dalam program seperti teleskop ini, kesalahan kecil bisa mengakibatkan akibat yang fatal," ungkap Cristina Chaplain, auditor James Webb Space Telescope seperti dilansir dari New York Times. 

Bahkan, peluncurannya kemarin seharusnya dijadwalkan pada tanggal 18 Desember 2021. Namun hanya karena sebuah penjepit yang memperkuat ikatan teleskop ke roket longgar, peluncurannya pun harus dijadwalkan ulang. Penjepit longgar ini membuat seluruh teleskop bergetar saat roket dinyalakan yang dikhawatirkan akan membuat komponen lainnya jatuh.

Tentunya, dengan ditundanya peluncuran dan adanya perbaikan, menjadikan budget roket tersebut yang awalnya diperkirakan menghabiskan dana sekitar $1- 3,5 miliar naik menjadi $9,6 miliar. Hal ini menjadi kontroversi tersendiri di kalangan politikus dan warga.

NASA berencana mengoperasikan James Webb Space Telescope dari jarak 1.500.000 km dari Bumi. Untuk menghindari panas radiasi dari teleskop menyebar ke seluruh komponen, James Webb harus tetap berada pada suhu -223.2o C. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES