Peristiwa Internasional

Sabtu Malam, NASA Akan Luncurkan Teleskop Seukuran Lapangan Tenis

Sabtu, 25 Desember 2021 - 08:01 | 46.03k
Cermin Teleskop Luar Angkasa James Webb terlihat selama pembukaan media di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland 2016 lalu.(FOTO : Reuters)
Cermin Teleskop Luar Angkasa James Webb terlihat selama pembukaan media di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland 2016 lalu.(FOTO : Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, akan meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb, instrumen raksasa seukuran lapangan tenis, Sabtu (25/12/2021) nanti pukul 23.20 waktu setempat dari pantai timur laut Selatan Amerika.

Dilansir Reuters, teleskop ini dirancang untuk memungkinkan pandangan pertama umat manusia tentang alam semesta bayi sebagaimana adanya ketika galaksi-galaksi paling awal diyakini telah terbentuk.

Teleskop inframerah revolusioner senilai US$9 miliar ($A12 miliar) ini dipuji oleh NASA sebagai observatorium ilmu antariksa perdana pada dekade berikutnya.

Instrumen ini akan dibundel di dalam ruang kargo roket Ariane 5 yang siap diluncurkan pada pukul 23.20 AEDT pada hari Sabtu dari pangkalan peluncuran Badan Antariksa Eropa (ESA) di Guyana Prancis.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, instrumen seberat 6350 kilogram ini akan membentang hampir seukuran lapangan tenis, dan akan dilepaskan dari roket buatan Prancis setelah 26 menit perjalanan ke luar angkasa.

Bulan-bulan berikutnya, teleskop Webb ini akan meluncur ke tujuannya di orbit matahari sekitar 1,6 juta kilometer dari Bumi atau sekitar empat kali lebih jauh dari jarak ke bulan. Jalur orbit khusus Webb akan membuatnya tetap sejajar dengan Bumi saat planet dan teleskop mengelilingi matahari secara bersamaan.

Sebagai perbandingan, pendahulu Webb yang berusia 30 tahun, Teleskop Luar Angkasa Hubble, mengorbit Bumi itu sendiri dari jarak 550 km, keluar masuk bayangan planet setiap 90 menit.

Dinamakan untuk kepala NASA selama sebagian besar dekade formatif badan tahun 1960-an, Webb sekitar 100 kali lebih sensitif daripada Hubble dan diharapkan secara mendalam bisa mengubah pemahaman para ilmuwan tentang alam semesta dan tempat kita di dalamnya.

Teleskop Luar Angkasa James Webb yang diluncurkan NASA nanti malam akan bisa melihat kosmos dalam spektrum inframerah, memungkinkannya untuk mengintip melalui awan gas dan debu tempat bintang-bintang dilahirkan. Sedangkan Hubble beroperasi terutama pada panjang gelombang optik dan ultraviolet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES