Peristiwa Internasional

Ulang Tahun ke-88, Emiritus Akihito Menjadi Kaisar Jepang dengan Usia Terpanjang

Jumat, 24 Desember 2021 - 06:37 | 94.33k
Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Emerita Michiko berfoto di kediaman menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran di Tokyo. Akihito merayakan ulang tahunnya yang ke-88 pada hari Kamis.  (Foto: Japan Today/Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang via A
Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Emerita Michiko berfoto di kediaman menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran di Tokyo. Akihito merayakan ulang tahunnya yang ke-88 pada hari Kamis.  (Foto: Japan Today/Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang via A

TIMESINDONESIA, JAKARTAKaisar Emeritus Akihito pada hari Kamis berusia 88 tahun, dan menurut catatan Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang ia menjadi kaisar Jepang paling lama hidup.

Dilansir Japan Today, ia dalam kesehatan yang baik, dan telah menghabiskan sebagian besar tahun dengan damai bersama istrinya, Permaisuri Emerita Michiko di rumah sementara mereka di Kediaman Kekaisaran Takanawa.

Ia mengundurkan diri dari Tahta Krisan pada tahun 2019 dari raja Jepang pertama yang turun tahta dalam waktu  200 tahun perjalanan kekaisaran.

Karena pandemi coronavirus yang sedang berlangsung, mantan kaisar itu menahan diri untuk tidak pergi ke luar kecuali untuk melakukan penelitian tentang ikan goby di sebuah lembaga penelitian biologi di dalam Istana Kekaisaran dua kali seminggu.

"Selain itu juga mengunjungi Rumah Sakit Rumah Tangga Kekaisaran," kata Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Rutinitas sehari-harinya adalah berjalan-jalan pagi bersama istrinya. Setelah itu dia membaca dengan keras kumpulan cerita pendek Torahiko Terada "Kaki no Tane" (biji kesemek) dan melihat-lihat koran.

Dia juga diberi penjelasan oleh petugasnya tentang situasi Covid19 dan bencana alam, menurut agensi.

Kadang-kadang ketika jalan-jalan sore, ia bertukar salam dengan penghuni gedung apartemen di seberang jalan.

Setelah makan malam, dia berbicara dengan pelayannya sambil melihat-lihat album foto kunjungannya ke luar negeri.

Akihito dinobatkan sebagai kaisar pada 8 Januari 1989, sehari setelah ayahnya Kaisar Hirohito meninggal dunia.

Penobatannya sekaligus menandai dimulainya Era Heisei, yang berarti "mencapai perdamaian."

Kaisar Hirohito, yang secara anumerta dikenal sebagai Kaisar Showa, sebelumnya adalah kaisar yang hidup paling lama hingga usia 87 tahun.

Sementara itu Akihito juga menjadi pelupa seiring bertambahnya usia. Dia melihat istrinya, yang tersenyum dan meyakinkannya, ketika ingatannya menjadi kabur.

Pada Olimpiade dan Paralimpiade diadakan di Tokyo beberapa waktu lalu untuk pertama kalinya selama 57 tahun, mantan kaisar Akihito juga dengan penuh kasih ingat bahwa ia telah menonton banyak acara Olimpiade Tokyo sebelumnya pada tahun 1964 dan menyatakan kegembiraannya atas kemajuan olahraga bagi penyandang cacatt.

Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengadakan perayaan ulang tahun kecil, yang sempat dibatalkan tahun lalu karena pandemi, untuk mantan kaisar Jepang, Akihito pada Kamis sore. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES