Kuliner

Yuk, Cari Tahu Sajian Unik Khas Natal dari Berbagai Negara

Jumat, 24 Desember 2021 - 02:26 | 80.43k
Menu Stollen menu perayaan Natal dari Jerman. (foto: Pinterest)
Menu Stollen menu perayaan Natal dari Jerman. (foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perayaan Natal dan Tahun Baru menjadi momen untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Umumnya dalam perayaan Natal juga akan menyajikan beberapa hidangan khas dan minuman yang akan dinikmati bersama. 

Setiap negara di dunia memiliki tradisi dan jenis sajian khas masing-masing saat perayaan Natal. Mulai dari hidangan utama hingga hidangan penutup dengan berbagai cita rasa yang dimiliki. Berikut beberapa sajian khas dan unik untuk sajian saat perayaan Natal di berbagai negara.

1. Jerman
Saat perayaan Natal di Jerman banyak masyarakat yang menyajikan “Stollen” dan menjadi salah satu menu wajib. Sajian berupa kue buah yang terbuat dari adonan ragi dengan rasa manis dengan buah-buahan kering dan kacang. Selain itu, juga ada sajian lainnya seperti salad kentang dengan sosis hingga bebek panggang. 

2. Inggris

Kalkun.jpgKalkun panggang menu khas Natal dari Negara Inggris. (foto: pinterest)

Mungkin sudah tidak asing dengan makanan negara satu ini, yaitu kalkun panggang. Selain kalkun, ada juga hidangan lainnya seperti sosis gulung, pie daging, kue buah, dan puding khas Inggris yang disajikan saat perayaan Natal. 

3. Italia
Hidangan khas di perayaan Natal di negara ini yaitu berbahan dasar ikan. Tidak hanya satu jenis ikan saja yang digunakan, tetapi menggunakan 7 jenis ikan sekaligus. Sajian tujuh ikan tersebut disebut “La Vigilia” yang berarti pesta tujuh ikan. 

4.Amerika Serikat
Sama seperti Inggris, Amerika Serikat juga menyajikan kalkun panggang dalam perayaan Natal. Kalkun panggang juga menjadi menu favorit saat perayaan Thanksgiving. 

5.Meksiko 

Bacalao.jpgBacalao dari Meksiko. (foto: pinterest)

Di Meksiko menyajikan menu unik yang hanya dihadirkan saat Natal disebut Bacalao. Bacalao dibuat dari tomat, cabai ancho, bawang, kentang, dan zaitun. Bacalao termasuk hidangan yang cukup mengenyangkan dan dapat menghangatkan tubuh saat dikonsumsi. 

6.Yunani
Tidak seperti negara lain yang memiliki ciri khas dengan hidangan utama, negara Yunani selalu menyajikan kue kering yang bernama Melomakarona. Kue ini diolah dengan campuran kulit jeruk yang telah direndam di dalam madu dan di atasnya diberi taburan kacang kenari. 

7. Kosta Rika 
Di Kosta Rika, Tamales menjadi makanan yang wajib disajikan saat perayaan Natal. Membuat Tamales sudah menjadi tradisi negara ini secara turun-temurun. Bahan dasar Tamales adalah adonan jagung yang dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus. Tamales juga memiliki varian isian, seperti ayam, daging sapi, kentang, kismis, dan bawang putih. 

Itulah beberapa hidangan khas dari berbagai negara yang bisa menjadi rekomendasi menu baru saat perayaan Natal. Pada dasarnya setiap negara di dunia memiliki banyak hidangan yang menjadi favorit dan budaya turun-temurun masyarakatnya.

Kehadiran makanan-makanan di waktu Natal tersebut membuat waktu bersama keluarga menjadi semakin meriah dan spesial. Mungkin juga dapat memberikan inspirasi menyemarakan perayaan Natal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES