Tekno

SMS Pertama Kali yang Dikirim di Dunia Laku Terjual Seharga 1,7 Miliar

Rabu, 22 Desember 2021 - 22:08 | 109.17k
Model SMS pertama kali di dunia dengan model telpon Vodafone. (Foto: Vodafone?dpa/picture alliance)
Model SMS pertama kali di dunia dengan model telpon Vodafone. (Foto: Vodafone?dpa/picture alliance)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ingatkah anda saat dulu kita hanya bisa bertelpon dan kirim pesan singkat atau Short Message Service (SMS)? Dan tahukah anda pesan pertama kali yang dicoba dikirim melalui handphone pertama di dunia? Nah, pesan tersebut  baru saja dilelang seharga Rp. 1.7 Milyar.

Dilansir dari video yang diunggah South China Morning Post, pesan singkat yang dilelang tersebut di jual dalam bent NFT (Non Fungible Token). Pesan singkat tersebut diajukan untuk dilelang oleh perasahaan telkom Inggris, Vodafone, 

Pesan tersebut dikirim pertama kali pada tahun 1992, dan berbunyi "Merry Christmas". Lelang dilaksanakan di Balai Lelang Aguttes atau Aguttes Auction House Perancis, pada Selasa 21 Desember waktu setempat.

"Kami menjual kerangka digital ini dalam bentuk NFT, dan dengan membeli kerangka ini pembeli akan mendapatkan akses untuk  sertifikat kepemilikan dan kontrak NFT online," ungkap  Maximilien Aguttes, Manager Pengembang Balai Lelang Aguttes.

NFT sendiri merupakan aset digital sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. Metode NFT ini diperkenalkan pertama kalinya pada 2017. Namun menjadi populer akhir-akhir ini semenjak pandemi.

Data pesan singkat atau SMS pertama kali di dunia yang berhasil dijual dengan harga fantastis ini merupakan salah satu bentuk NFT. Bentuk NFT lain dapat berupa Joint Photographic Experts Group (JPEG), Graphics Interchange Format (GIF), Portable Network Graphics (PNG), dan lain sebagainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES