Peristiwa Internasional

Kejar Internasionalisasi, FP UB Utus SDM ke Jerman Selama Dua Bulan

Rabu, 22 Desember 2021 - 16:25 | 39.96k
Utusan FP UB saat berdiskusi bersama Prof. Folker Asch dari Universitas Hohenheim Jerman. (FOTO: Humas UB for TIMES Indonesia)
Utusan FP UB saat berdiskusi bersama Prof. Folker Asch dari Universitas Hohenheim Jerman. (FOTO: Humas UB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) mengutus sumber daya manusia dari kalangan internal untuk berangkat ke Jerman selama dua bulan. Hal ini dilakukan untuk mengejar target internasionalisasi.

Mereka adalah Dosen Jurusan Budidaya pertanian sekaligus Ketua Internasional Relation Office FP Dr. Uma Khumairoh, SP., M.Sc didampingi tiga dosen yaitu Antok Wahyu Sektiono, SP., MP dari Jurusan Hama Penyakit Tumbuha, Istika Nita, SP., MP dan Aditya Nugraha Putra, SP., MP dari Jurusan Tanah.

Mereka berangkat ke Universitas Hohenheim Jerman. Di sana, mereka akan tinggal dua bulan hingga Desember 2022 untuk melakukan penjajagan kerjasama bidang Tri Dharma dengan Universitas Hohenheim.

Utusan-FP-UB.jpg

Selain itu, misi lain yang dibawa antara lain peluang untuk mendatangkan narasumber untuk review kurikulum dan program 3 in 1, potensi exchange student, menjemput peluang studi lanjut program doktoral (rencana MoA/MoU).

Tim FP UB berdiskusi dengan chair group Management of Crop Waterstress in The Tropics and Sub Tropics Prof. Folker Asch terkait dengan potensi kerjasama ke depan antara FP UB dengan Department Tropical and Sub Tropical Agriculture, Universitas Hohenheim.

Dari pertemuan ini menghasilkan beberapa masukan antara lain adanya kesedian pihak Universitas Hohenheim menjadi reviewer kurikulum program Studi Agroekoteknologi.

Selain itu adanya usulan untuk menyelenggarakan Summer Course dengan FP UB. "Di Summer Course ini Universitas Hohenheim akan mengirim staf  dan 25 mahasiswa ke UB pada Februari-Maret 2022," kata Uma.

Uma menambahkan, Prof. Folker Asch bersedia menjadi Guest Lecture dalam program 3in1 yang akan dikombinasikan dengan penyelenggaraan Summer Course.

Di samping itu terbuka pula kesempatan dosen FPUB untuk mengambil PhD di department Tropical dan Subtropical di Universitas Hohenheim.

Terakhir rencana MoA/MoU dengan Fakultas Pertanian UB akan dibicarakan lebih lanjut setelah diselenggarakannya workshop RiSaWa (Rice Production Caught Between Salinity and Drought – Future Options for Sustainable Use of Water in the Mekong Delta Region).

FP UB bertekad untuk terus meningkatkan kualitas staf dan kapasitas institusi untuk menuju World Class University (WCU). Upaya tersebut didukung dengan pembiayaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Dikti, Program Studi Agroekoteknologi merealisasikan upaya pengembangan staf ke Universitas Hohenheim Jerman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES