Politik Muktamar NU 2021

Gus Muhaimin Optimistis Pemilihan Ketum PBNU Secara Musyawarah Mufakat

Rabu, 22 Desember 2021 - 13:51 | 39.69k
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin optimistis pemilihan Ketua Umum PBNU di Muktamar ke-34 NU secara musyawarah mufakat. (FOTO: PKB)
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin optimistis pemilihan Ketua Umum PBNU di Muktamar ke-34 NU secara musyawarah mufakat. (FOTO: PKB)
FOKUS

Muktamar NU 2021

TIMESINDONESIA, LAMPUNG – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) berharap tidak ada voting dalam pemilihan Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-34 NU di Lampung, tetapi bisa dilakukan secara musyawarah mufakat.

"Alhamdullilah muktamar yang lalu dipilih melalui ahlul halli wal aqdi, tanpa voting. Kita yakin dan optimis musyawarah mufakat jalan terbaik," ucap Muhaimin Iskandar saat menghadiri pembukaan Muktamar ke-34 NU di Pondok Pesantren Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Rabu (22/12/2021).

Gus Muhaimin, sapaan akrabnya juga berharap Muktamar ke-34 NU dapat berjalan dengan lancar, damai, dan aman. Menurutnya, demokrasi di Indonesia sudah semakin dewasa pada setiap pemilihan apapun.

Maka dari itu, semangat dan nilai yang harus dikembangkan pada Muktamar ke-34 NU ini, kata dia, yakni demokrasi berbasis musyawarah mufakat.

"Bangsa kita ini sekarang demokrasinya semakin maju dan sudah cenderung mengakui bahwa musyawarah mufakat adalah jalan terbaik demokrasi," kata dia.

Disinggung mengenai calon-calon yang akan maju pada pemilihan Ketum PBNU, Gus Muhaimin mengatakan bahwa siapapun yang terpilih nantinya, merupakan kader terbaik NU.

"Sama-sama terbaik, yang penting musyawarah mufakat lah. Ini (pemilihan) muktamirin yang menentukan, kita hanya mendoakan," tutur Gus Muhaimin.

Selain Muhaimin, sejumlah pejabat kementerian turut hadir dalam pembukaan Muktamar ke-34 NU di Pondok Pesantren Darussa'adah, Lampung Tengah.

Menteri yang hadir di antaranya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, hingga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

Dalam kesempatan itu, Gus Muhaimin berharap tidak ada voting dalam pemilihan Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-34 NU di Lampung, tetapi bisa dilakukan secara musyawarah mufakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES