Peristiwa Daerah

Dinas Pariwisata Kota Batu Survei Awal Temuan Yoni dan Bola Batu Songgoriti

Selasa, 21 Desember 2021 - 18:22 | 39.58k
Temuan Yoni dan Dua Bola Batu baru dilakukan survei awal dan melakukan bola batu yang ditemukan tidak jauh dari Candi Songgoriti. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Temuan Yoni dan Dua Bola Batu baru dilakukan survei awal dan melakukan bola batu yang ditemukan tidak jauh dari Candi Songgoriti. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUDinas Pariwisata Kota Batu juga baru melakukan survei awal atas temuan Yoni dan dua bola batu yang ditemukan tidak jauh dari Candi Songgoriti.

Arkeolog Disparta Kota Batu, Widya Heri Setyowati mengatakan sudah melakukan pengamatan fisik Yoni dan dua bola batu tersebut. Juga menganalisa keterkaitan tiga benda purbakala tersebut dengan keberadaan Candi Songgoriti yang berjarak kurang lebih 100 meter dari lokasi temuan.

"Bola batu masih belum diketahui fungsinya, karena jumlahnya hanya satu. Sementara satu lagi yang ada di dekat kolam, kita belum tahu bentuk secara utuh, karena belum tergali. Tapi sudah terdata, kami survey," ujar Widya.

Meski berada dalam satu kawasan, Disparta memasukkan data ini sebagai data mandiri yang tidak terkait dengan temuan di Candi.

"Kita masih belum bisa mengambil asumsi apa-apa, karena benda jumlahnya terbatas dan selama ini belum ada kajian tentang temuan yang terkait dengan batu bola tersebut," ujarnya.

Widya membenarkan ada yang beransumsi bahwa bola batu tersebut merupakan bolder candi, tapi jumlah bola batu yang ditemukan baru dua buah.

Menurutnya, beberapa literasi menyebutkan bahwa bola batu berjumlah banyak biasanya terdapat juga kapak pembelah.

Bola batu menjadi salah satu jenis peralatan penting bagi kehidupan manusia Purba Sangiran namun belum ada yang tahu persis fungsi bola batu ini.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES