Olahraga

Ini Yang Dikebut Pemerintah Jelang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika

Selasa, 21 Desember 2021 - 17:17 | 45.85k
Laman Facebook Bang Zul Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat berbincang santai bersama Presiden RI Joko Widodo, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan Menteri BUMN Erick Tohir di Sirkuit Pertamina Mandalika beberapa waktu lalu.
Laman Facebook Bang Zul Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat berbincang santai bersama Presiden RI Joko Widodo, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan Menteri BUMN Erick Tohir di Sirkuit Pertamina Mandalika beberapa waktu lalu.

TIMESINDONESIA, MATARAM – Pemerintah Pusat maupun Provinsi NTB bersiap menghadapi gelaran bergengsi MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Berbagai hal dikebut untuk menyukseskan gelaran itu.

Gubernur NTB Dr.H. Zulkieflimansyah membangun koordinasi dan kolaborasi untuk mengoptimalkan kesiapan perhelatan balapan bergengsi itu. Pemprov NTB juga terus melengkapi fasilitas dan infrastruktur pendukung.

Bang Zul sapaan karib politisi PKS itu menghadiri rapat koordinasi secara virtual, bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan, kementerian dan lembaga terkait, untuk persiapan evaluasi WSBK 2021 dan persiapan penyelenggaraan MotoGP 2022.

Menurutnya, koordinasi itu dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan MotoGP 2022.  Baik Pemrov NTB, ITDC dan Pemerintah pusat akan menaata kawasan mulai dari area sirkut hingga percepatan pelebaran jalan provinsi Kuta-Keruak.

Begitu pun dengan penataan drainase, untuk antisipasi arah aliran air dan mengembalikan fungsi daerah resapan air untuk menghindari luapan air dimusim hujan. Pihaknya juga menata keterlibatan UMKM karena akan lebih banyak memasarkan produk lokal daerah. Lagipula, event ini memiliki dampak  ekonomi bagi masyarakat.

"Terima kasih atas apresiasi dan perhatian pemerintah pusat,"kata Doktor Ekonomi Industri ini, didampingi Kadis PUPR dan diikuti juga oleh Sekda NTB dari ruang kerjanya.

Di akhir paparannya, mantan Ketua BEM UI ini, mengatakan akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan ITDC, TNI/Polri, Pemda Kabupaten/Kota se-NTB dan Pemerintah Pusat, untuk mempersiapkan segala fasilitas pendukung agar menjadikan sirkuit Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit lebih baik lagi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi pada event WSBK yang lalu. "Sehingga sebelum MotoGP 2022 semua yang kita rencanakan sudah rampung,"kata Luhut.

Dia mencontohkan, penataan UMKM dan produknya, termasuk IKM yang bergerak di bidang otomotif harus ada dan mempromosikan produknya selama kegiatan berlangsung. Termasuk penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca untuk antisipasi hujan, pengendalian dan relokasi satwa liar seperti anjing, dan harus ada jaga jarak.

Luhut menegaskan, pihak terkait harus memperbaiki jalan bundaran simpang Songgong, yang beberapa waktu lalu rusak akibat tingginya intensitas hujan. Itu menyebabkan luapan air yang menggenangi area pemukiman masyarakat. "Ini harus menjadi perhatian bersama kita, untuk segera dibenahi dan ditata,"tegas mantan alumni Akmil ini.

Luhut meminta kementerian terkait seperti Kemenparekraf, KemePUPR, Kemendes PDTT, Kemenkop UKM dan Pemda untuk berkoordinasi dan berkolaborasi meningkatkan pembangunan infrastruktur, UMKM dan desa penyangga di Mandalika.

Begitu juga TNI, Polri, BNPB dan Basarnas agar membuat simulasi terintegrasi antar lembaga untuk mengoptimalkan penanganan keamanan, keselamatan, kesehatan dan potensi lainnya.

Kemenkes menyiapkan alat kesehatan, prokes dan memastikan dan mempercepat  dosis kedua di NTB minimal selesai hingga 70 persen, secara keseluruhan. BMKG, TNI AU BRIN, ITDC harus siap dengan teknologi rekayasa cuaca.

Hal lain juga seperti rekayasa lalu lintas, arus kedatangan dan kepulangan dari darat, udara dan laut harus sudah siap. KemenPUPR, Kominfo, Pemrov NTB dan ITDC memastikan pelebaran jalan Kuta-Keruak, ketersediaan air bersih, listrik, drainase, hotel, home stay, jaringan 5G juga harus segera diperbaiki.

"Yang pasti itu semua, menjadikan momentum MotoGP untuk mengakselerasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga mensejahterakan masyarakat," tutup mantan DanKopassus itu di hadapan kementerian dan lembaga pusat yang mengikuti rakor virtual jelang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES