Gaya Hidup

Lindungi Anak dari Kekerasan Seksual, Terapkan Beberapa Tips Ini Sejak Dini

Selasa, 21 Desember 2021 - 12:39 | 32.40k
Ilustrasi pendidikan untuk anak-anak. (foto: id.theasianparent.com)
Ilustrasi pendidikan untuk anak-anak. (foto: id.theasianparent.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kasus kekerasan seksual dikalangan anak-anak semakin memprihatinkan. Pola asuh yang tepat dan pengawasan dari orang tua menjadi salah satu kunci menghindarkan anak dari kasus semacam ini. Untuk itu, orang tua harus bisa memberikan edukasi dan memberi pemahaman tentang perlindungan diri.

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan orang tua di rumah untuk menjaga anak-anak dari kekerasan seksual yang sedang marak: 

1. Ajari Anak untuk dapat berkata "Tidak" 

Sepertinya merupakan hal sepele namun juga terkadang cenderung susah. Karena anak-anak sangat mudah tergoda terhadap apapun yang kiranya dapat menarik perhatian mereka. Maka hal ini akan dimanfaatkan orang dewasa yang berniat jahat untuk melakukan tindak asusila termasuk kekerasan seksual. 

2. Tegaskan kepada anak perihal yang tak boleh dilakukan

Sebagai seorang yang masih polos, anak-anak tentu tidak mengetahui apapun yang menjadi pelanggaran orang lain terhada dirinya. Disinilah peran orang tua untuk dapat mengajarkan kepada anak perihal apapun yang boleh dilakukan orang lain dan apa yang tidak. Dengan begitu orang lain juga akan mengerti batasan mereka terhadap sang anak, dan anak juga tak segan untuk melaporkan siapapun yang melanggar batasan atas diri mereka. 

3. Beritahu anak apa yang harus mereka lakukan

Setiap orang tua, tentu memiliki versi yang berbeda-beda dalam mendidik anak mereka. Maka tak akan ada salahnya jika orang tua mengatur batasan sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah mereka dan juga sesuai dengan kondisi sang anak. Hal ini juga akan melatih keberanian sang anak dalam menguasai diri mereka agar tidak dieksploitasi bahkan harus menerima kekerasan seksual dari siapapun.

4.  Jangan abaikan orang terdekat

Seringakli orang tua terlalu khawatir dengan orang asing yang ada disekeliling buah hatinya. Namun akhir-akhir ini marak kejadian kekerasan seksual namun pelakunya merupakan orang terdekat. Untuk itu, orang tua juga seharusnya berhati-hati kepada orang disekitar anak mereka termasuk keluarga sendiri. Hal ini untuk mengantisipasi, terjadinya bentuk kekerasan seksual dari orang terdekat mengingat mereka jauh lebih memiliki kesempatan dibanding orang asing. 

Itulah beberapa sedikit tips yang dapat dijadikan inspirasi bagi orang tua untuk anak-anaknya agar terhindar dari kekerasan seksual. Tips tersebut termasuk sederhana namun penting untuk sang buah hati ketahui supaya meminmalisir terjadinya kekerasann seksual.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES