Wisata

Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi Kaum Low Budget

Senin, 20 Desember 2021 - 11:36 | 164.95k
Aloon-Aloon Tulungagung (Foto : Dhiyah Kumala Sari/ TIMES Indonesia)
Aloon-Aloon Tulungagung (Foto : Dhiyah Kumala Sari/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TULUNGAGUNGTulungagung, kota di Jawa TImur ini terkenal dengan sebutan kota marmer.  Kabupaten yang berada di 154 km arah barat daya dari Kota Surabaya ini memag daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia. Selain memili beberapa pantai yang indah, seperti pantai Popoh, Sangar dan Ngalur, Tulungagung juga memiliki beberapa wisata lain yang layak untuk dikujungi.

Nah, berikut rekomendasi wisata yang sangat low budget dan ramah di kantong yang bisa Anda saat kunjungi saat berada di kota marmer.

1. Tangga Seribu

Tangga seribuTangga seribu (Foto: Dhiyah Kumala Sari/ TIMES Indonesia)

Tangga seribu atau dikenal sebagai umpak sewu terletak di Wajak Kidul Boyolangu. Di sini wisatawan bisa menjadikan tempat ini spot foto karena pemandangannya yang asri dan dari puncak pegunungan (jika naik ke tangga paling atas) maka wisatawan akan dapat menikmati sunrise. Tangga seribu memiliki napak tilas untuk pembelajaran sejarah Tulungagung. Tempat ini buka setiap hari 24 Jam.

2.  Taman Kali Ngrowo

Taman Kali NgrowoTaman Kali Ngrowo ( Kamis, 16/12/2021) (Foto: Dhiyah Kumala Sari/ TIMES Indonesia)

Terletak di Panggungrejo, Sembung, Kecamatan Tulungagung, Taman Kali Ngrowo juga cocok untuk anak-anak karena dilengkapi taman bermain. Selain bagus untuk anak-anak Taman Kali Ngrowo juga cocok untuk spot foto karena pemandangannya bagus dan dekat sungai ngrowo yang pemandangannya sangat asri. Tidak ada HTM yang dipungut hanya membayar parkir. Tempat ini sangat cocok bagi kaum low budget.

3. Embung Jimbar

Embung Jimbar memiliki pemandangan danau buatan yang sangat asri dan dilengkapi dengan gazebo sehingga wisatawan bisa bersantai di gazebo tersebut. Embung Jimbar sangat cocok digunakan untuk spot foto bagi kaum yang low budget. Embung Jimbar terletak di Desa Sidem, Kecamatan Gondang. Wisatawan juga bisa membeli makanan disekitar area Embung Jimbar.

4. Hutan Kota Tulungagung

Terletak di Jalan Sultan Agung no. 29 Dusun Kedungsingkal, Ketanon Kecamatan Kedungwaru. Hutan kota buka setiap hari kecuali hari sabtu pada jam 08.00-17.00 WIB. Ketika memasuki hutan kota atau disingkat dengan huko wisatawan akan disambut hutan yang asri dan pemandangan hijau. Lingkungan huko juga ramah untuk anak-anak karena dilengkapi taman bermain dan lapangan sepakbola. Wisatawan hanya perlu membayar parkir dan bebas HTM.

5. Candi Sanggrahan

Candi SanggarahanCandi Sanggarahan. (foto: tulungagungdaring.id)

Candi Sanggrahan atau Candi Cungkup terletak di Desa Sanggrahan Boyolangu Tulungagung yang merupakan salah satu bangunan sejarah. Candi sanggrahan terdiri dari bangunan Induk dan dua buah sisa bangunan kecil lainnya. Disini wisatawan bisa belajar mengenai sejarah tempat ini dan buka setiap hari pada jam 08.00 – 15.00 WIB.

6. Alun Alun

Alun-Alun Tulungagung terletak di Jalan RA Kartini dan dibuka selama 24 Jam jadi wisatawan bisa berkunjung kapanpun. Taman Aloon-Aloon sekarang juga sudah dilengkapi wahana bermain anak, untuk pecinta skate board juga sepatu roda juga disediakan tempat, dan fasilitas pendukung seperti bangku taman, area outbond, tempat refleksi kaki untuk kesehatan. Bagi wisatawan yang suka dengan merpati juga dapat memberi makan merpati. Tidak hanya merpati tapi juga aneka ikan hias. Di belakang Taman aloon-aloon juga ada taman kartini dan kebun binatang yang hanya dibuka minggu pagi. Disebelah kiri jika wisatawan ingin menunaikan ibadah sholat juga dekat dengan masjid. Wisatawan tidak dipungut biaya tiket masuk hanya membayar parkir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES