Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Himaprodi Peternakan Unisma Malang Raih Juara Nasional ABDIDAYA Kemristekdikti 2021

Senin, 20 Desember 2021 - 09:10 | 102.63k
Himaprodi Peternakan berhasil meraih Juara II dan Juara poster favorit Abdidaya katagori ormawa Nasional Kemristekdikti 2021. Penghargaan diberikan di Institut Pertanian Bogor, Minggu (6/12/2021).
Himaprodi Peternakan berhasil meraih Juara II dan Juara poster favorit Abdidaya katagori ormawa Nasional Kemristekdikti 2021. Penghargaan diberikan di Institut Pertanian Bogor, Minggu (6/12/2021).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Ormawa Peternakan Fakultas Peternakan Unisma Malang meraih prestasi yang membanggakan di ujung tahun 2021. Melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Desa (P3D) Himaprodi Peternakan berhasil meraih Juara II dan Juara poster favorit Abdidaya katagori ormawa Nasional.

Abdidaya adalah program puncak dari berbagai macam program hibah kompetisi pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Jenis program adalah PHP2D, P3D dan Wiradesa. Abdidaya untuk pertama kali diselenggarakan oleh Direktorat Belmawa DIKTI sebagai apresiasi terhadap kinerja pengabdian mahasiswa di desa. Malam penganugerahan ABDIDAYA diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor, Minggu (6/12/2021).

poster faforit

Nofri Ardana sebagai ketua tim P3D beserta anggota melihat bahwa potensi hutan Lereng Semeru di Desa Wringinanom belum dimanfaatkan secara maksimal. Salah satu potensi hutan adalah madu hutan. Pencarian madu yang dilakukan petani masih tradisional dan berresiko karena topografi  hutan yang tidak mendukung. Tim mempunyai gagasan untuk membantu para petani madu hutan dengan penerapan teknologi Migratory Sistem dengan Nichot.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Teknologi ini ternyata membantu para petani untuk mempermudah budidaya madu tawon hutan dengan produksi madu optimal berkelanjutan. Tim P3D juga membantu mengembangkan Unit Bisnis Madu Tawon Alas Lereng Semeru sebagai tulang punggung ekonomi petani Desa Wringinanom berkelanjutan melalui Kerjasama antara Perguruan Tinggi Unisma, Pemerintah Desa Wringinanom, Mitra Swasta, Dinas Koperasi serta Dinas Kominfo Kabupaten Malang.

unisma a

Kegiatan P3D Himaprodi Peternakan Unisma Malang didampingi oleh drh. Nurul Humaidah M.Kes yang juga menjadi nominator 10 Dosen Pendamping Terbaik Nasional ABDIDAYA. Tim P3D di bawah bimbingan dosen pendamping telah menghasilkan luaran berupa Buku Panduan Pemberdayaan Desa berISBN, Dokumen Perencanaan RPJMDesa, Legalitas Produk madu tawon alas, HKI untuk poster dan video. Sinergitas mahasiswa dalam membangun desa sangat dibutuhkan bangsa dan negara untuk mewujudkan desa mandiri paripurna. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*) Pewarta : Humas Himaprodi Peternakan Unisma

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES