Kesehatan

Anggota ICCA Sufi Cahya Bagikan Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Senin, 20 Desember 2021 - 00:26 | 62.90k
Anggota Indonesia Conditioning Coaches Association (ICCA), Muhammad Sufi Cahya Mahabbatullah. (Foto: Dok. Muhammad Sufi)
Anggota Indonesia Conditioning Coaches Association (ICCA), Muhammad Sufi Cahya Mahabbatullah. (Foto: Dok. Muhammad Sufi)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Anggota Indonesia Conditioning Coaches Association (ICCA), Muhammad Sufi Cahya Mahabbatullah berbagi tips untuk menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19. Menurut pemuda asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini, ada beberapa faktor penting yang menunjang kondisi tubuh agar tetap bugar dan fit.

Di antaranya rutin melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan sehat hingga mengatur pola tidur. Cara itu berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Kalau kita mau sehat, yang harus diperhatikan adalah pola makan, rutin olahraga, tetap menghidrasi tubuh dan pola istirahat atau pola tidur yang baik," ucapnya kepada TIMES Indonesia.

Sufi Cahya, demikian sapaan akrabnya, menyebut olahraga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan psikologis dan kebugaran tubuh. Serta dapat mendetoksifikasi racun yang berada dalam tubuh.

"Ada beberapa olahraga yang mudah dilakukan. Yakni seperti push up, skipping, treadmill, fitnes di gym, jogging dan masih banyak lainnya," jelasnya.

Kemudian masyarakat harus selektif memilih makanan dari mulai segi vitamin, protein, serat, lemak dan karbohidrat. Tentunya harus tercukupi dan seimbang, karena itu akan menetukan kondisi fisik.

"Bisa makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, telur, dan susu rendah lemak. Juga menghidrasi tubuh yang artinya memberi asupan cairan tubuh yang cukup dengan cara minum air putih," ujarnya.

Sedangkan, pola tidur yang baik merupakan cara yang praktis untuk merecovery tubuh. Normalnya dalam sehari seseorang harus tidur minimal 7 hingga 9 jam dan tidak tidur terlalu malam agar badan kembali fit.

Di samping itu, anggota ICCA, Muhammad Sufi Cahya Mahabbatullah juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Yaitu mulai memakai masker hingga menghindari kerumunan, utamanya saat berada di luar rumah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES