Politik

Anies-Airlangga, Duet Maut Pilpres 2024 Versi KedaiKOPI

Minggu, 19 Desember 2021 - 19:02 | 42.37k
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (FOTO: Liputan6)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (FOTO: Liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga survei KedaiKOPI merilis hasil temuan terbaru tentang elektabilitas figur kandidat jelang Pilpres 2024. Dalam surveinya, KedaiKOPI melakukan sejumlah simulasi pasangan calon yang berpotensi maju pada kontetasi elektoral lima tahunan tersebut.

Semulasi pertama, KedaiKOPI menduetkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berhadapan dengan pasangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Hasilnya, pasangan Anies-Airlangga keluar sebagai pemenang setelah memperoleh dukungan mayoritas responden sebesar 57,1 persen. Sedangkan duet Prabowo-Puan hanya membukukan dukungan sebesar 42,9 persen.

Siulasi kedua, KedaiKOPI memasangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melawan pasangan duet Anies-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Prabowo-Gubernur Jawa Barat Rudwan Kamil (Kang Emil).

Merujuk hasil simulasi tersebut, pasangan Ganjar-Sandi keluar sebagai pemenang dengan mencatatkan dukungan sebesar 42,4 persen, disusul Anies-AHY (29,2 persen) dan Prabowo-Kang Emil sebesar 28,4 persen.

Simulasi pasangan ketiga, Prabowo diduetkan dengan Ganjar berhadapan dengan pasangan Anies-Sandi. Hasilnya, pasangan pertama keluar sebagai pemenang dengan perolehan dukungan 59.8 persen. Sedangan suara dukungan Anies-Sandi berada di angka 40,2 persen.

Survey.jpgHasil survei KedaiKOPI. (FOTO: Tangkapan Layar YouTube)

Di simulasi keempat, nama Anies Baswedan disandingakan dengan Ganjar Pranowo berhadapan dengan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Airlangga Hartarto.

Hasilnya, pasagan Anies-Ganjar meraih dukungan sebesar 62.0 persen dan keluar sebagai pemenang. Sedangkan duet Prabowo-Airlangga Hartarto hanya membukukan dukungan sebesar 38.0 persen

Menariknya, pada simulasi kelima, KedaiKOPI memasangkan Ganjar dan AHY berhadapan dengan pasangan Prabowo dan Anies yang mengasilkan tingkat dukungan seimbang di angka 50.0 persen.

Pada simulasi terakhir, Ganjar disandingkan dengan Airlangga berhadapan degan Anies- Kang Emil dan Prabowo-AHY. Dalam simulai ini, Ganjar-Airlangga unggul tipis (36.4 persen) atas pasangan Anies-Kang Emil (35,9) dan Prabowo-AHY sebesar 27,8 persen.

Dirilis, Minggu, 19 Desember 2021, survei KedaiKOPI bertajuk ‘Opini Publik Menuju 2024‘ dilaksanakan di 34 provinsi pada 16 – 24 November 2021 dengan metode survei Face to Face Interview (Home Visit). Jumlah Responden sebanyak 1200 orang dengan rentang usia 17-65 tahun. Error Sampling dalam survei ini kurang lebih 2.83 persen pada interval kepercayaan 95 persen. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES