Kuliner

Buka Archipelago Food Festival, Wabup Banyuwangi: Contoh Pemulihan Ekonomi Perhotelan

Sabtu, 18 Desember 2021 - 23:33 | 59.69k
Pemotongan pita dan balon sebagai tanda pembukaan acara. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Pemotongan pita dan balon sebagai tanda pembukaan acara. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Ajang Archipelago Food Festival yang dihelat di ASTON Banyuwangi Hotel & Conference Center dibuka langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi (Wabup Banyuwangi) H. Sugirah.

Dalam sambutannya, Pakde Sugirah, sapaan akrabnya, mengapresiasi langkah Hotel ASTON dalam upaya pemulihan ekonomi pasca Covid-19, dengan menggelar Food Festival.

"Semoga menjadi angin segar bagi iklim ekonomi Banyuwangi. Ini salah satu langkah terbaik untuk memulihkan ekonomi pasca Covid-19," kata Pakde Sugirah, saat memberikan sambutan, Sabtu (18/12/2021)

Archipelago Food Festival b

Partner Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas itu juga mengucapkan terimakasih kepada Hotel ASTON dan Archipelago Internasional. Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) yang ke-250 tahun, dirayakan dengan meriah.

"Terima kasih karena ikut merayakan Harjaba. Memang sudah seharusnya, kegiatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dilakukan dengan cara seperti ini. Apalagi Hotel ASTON salah satu penyumbang PAD bidang perhotelan terbesar di Banyuwangi," ungkap Pakde Sugirah.

Meski begitu, pihaknya juga mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Perayaan Natal dan Tahun Baru sebentar lagi. Jangan kendor, kita harus bersama menjaga diri agar terhindar dari bahaya Covid-19. Apalagi kami dengar, varian Omicron sudah masuk ke Indonesia," terang Sugirah.

Sementara itu General Manager ASTON Banyuwangi Hotel & Conference Center, Catur Rahmadi mengatakan, acara tersebut merupakan wujud rasa cinta kepada Banyuwangi.

"Kami berkolaborasi dengan corporate dan mengusulkan kepada Disbudpar agar bisa menjadi even tahunan. Sekaligus ingin memperkenalkan makanan khas Banyuwangi untuk tamu dan masyarakat sekitar Hotel Aston,” ucap Catur.

Archipelago Food Festival c

Vice President of Operations Archipelago International, Winston Hanes mengatakan, Archipelago Food Festival merupakan kegiatan yang dilakukan secara roadshow di beberapa kota di Indonesia setiap bulannya selama 2021 hingga 2022.

"Archipelago mendukung bangkitnya industri perhotelan, selain juga memperkenalkan kuliner dengan bahan kualitas terbaik dan metode memasak yang profesional oleh para Executive Chef dari hotel-hotel Archipelago," kata Winston yang hadir secara virtual.

Gelaran Archipelago Food Festival akhir tahun ini sengaja ASTON Banyuwangi Hotel & Conference Center sebagai tuan rumah. Sebab selain momen akhir tahun, juga karena bertepatan dengan Harjaba.

Di acara ini, para Executive Chef dari beberapa hotel di Bali dan Banyuwangi diuji kepiawaiannya dalam mengolah bahan masakan.

Archipelago Food Festival kali ini mengambil tema 'Explore and Authentic Banyuwangi Cuisines'. Dalam acara tersebut ada 6 orang Executive Chef hotel-hotel Archipelago dari Bali dan Banyuwangi yang beradu kebolehan menyajikan hidangan terbaik.

Mereka menyajikan berbagai sajian kuliner khas Banyuwangi mulai dari hidangan pembuka hingga penutup. Tak hanya itu, kuliner khas Bali pun juga turut mewarnai ajang ini.

Ada 14 stall atau pondokan sajian makanan minuman yang siap memanjakan selera para tamu dan pengunjung Archipelago Food Festival. Mulai ayam betutu, srombotan, tambusan, aneka sate, rujak soto, gule wurung, kucur, sego cawuk, darplok, sego welut, welut pedas, aneka kopi corner, dan petik laut (aneka bakaran sea food). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES