Tekno

Begini Cara Melakukan Recovery Mode di iPhone

Minggu, 19 Desember 2021 - 06:26 | 206.23k
Ilustrasi. Recovery mode di iPhone (FOTO: Woiden.com)
Ilustrasi. Recovery mode di iPhone (FOTO: Woiden.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Recovery mode di iPhone perlu diketahui oleh para penggunanya. Istilah ini, recovery mode iPhone,  seolah terdengar asing bagi iOS users atau para pengguna perangkat iOs. Padahal, cara ini diperlukan untuk pengguna iPhone dalam rangka restore perangkatnya.

Dalam situasi-situasi tertentu, recovery mode diperlukan. Situasi seperti apa? Misalnya pada saat layar atau screen hanya terlihat logo Apple saja, atau cuma menampilkan terhubung ke iTunes.

Sebelum mulai mempratikkan cara melakukan recovery mode di iPhone, Anda perlu terlebih dahulu mengenali istilah yang terkait dengan hal tersebut.

Mengenal Recovery Mode iPhone
Produk-produk keluaran Apple termasuk iPhone dikenal tangguh dan memiliki kualitas baik. Bisa disebut, perangkat-perangkatnya, sebut saja iPhone atau iPad relatif jarang mengalami masalah atau error, dalam kaitannya dengan iOs sebagai sistem operasinya.

Relatif jarang bermasalah, bukan berarti tanpa persoalan. Kerusakan perangkat bisa terjadi, pun dengan kesalahan sistem yang menuntut perlu dilakukan upaya penanganannya. Upaya yag bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada perangkat atau sistem adalah masuk ke dalam recovery mode.

Apa itu recovery mode? Recovery mode adalah failsafe pada iBoot yang bermanfaat untuk menghidupkan kembali perangkat iPhone dengan versi baru dari iOS. Kapan hal ini dapat dilakukan? Biasanya pada saat terjadi kerusakan pada atau upgrade pada iOS melalui iTunes.

Waktu Tepat Melakukan Recovery Mode di iPhone

Recovery mode di iPhone perlu dilakukan pada saat yang tepat. Kapan itu? 

Upgrade iOS dari versi beta ke versi Global

Gagal restore perangkat dari iTunes, atau  perangkat iPhone tidak dapat dideteksi oleh iTunes saat dihubungkan

Kegagalan dalam proses update iOS yang menyebabkan iPhone secara terus menerus mengalami restart atau crash

Ketika baterai lemah, recovery mode di iPhone tetapi Anda memaksakan untuk meng-update iOS

Munculnya icon Connect to iTunes atau logo Apple pada layar selama beberapa menit tanpa ada perubahan

Biasanya, saat punya tujuan memperbaiki perangkat yang mengalami bootloop karena error pada sistem. Atau saat perangkat ini tidak bisa masuk ke home screen.

Cara Melakukan Recovery Mode di iPhone dengan iTunes

Beberapa langkah berikut ini dapat dipraktikkan untuk melakukan recovery mode di iPhone.

1. Langkah pertama, silakan Anda memperbaharui versi iTunes pada laptop atau komputer. Pastikan Anda telah menggunakan versi terbaru iTunes. Anda tidak wajib menggunakan MacBook untuk bisa menggunakan iTunes. Pada laptop yang terinstall Windows, bisa digunakan untuk aplikasi iTunes.

2. Selanjutnya, iPhone ke iTunes harus dihubungkan. Apabila aplikasi iTunes pada perangkat PC telah terbuka, silakan tutup dulu aplikasinya.

Kemudian Anda bisa menghubungkan perangkat dan membuka kembali aplikasi iTunes. Berikutnya, Anda bisa melakukan verifikasi dengan menekan tombol “trust this computer” untuk memasukkan kode akses gawai Anda gunakan.

3. Ketika perangkat iPhone telah terhubung, silakan hidupkan ulang dengan tekan tombol serta tahan beberapa saat hingga terlihat tombol Apple. Lalu tunggu beberapa saat hingga layar yang terhubung ke iTunes bisa menampilkan indikator bahwa langkah ini berhasil.

4. Kemudian, langkah selanjutnya untuk dapat melakukan recovery mode di iPhone, silakan tekan dan tahan tombol home serta tombol volume secara bersamaan. Hal yang perlu diketahui pada tahap ini, kerapkali ada perbedaan pada masing-masing seri ponsel iPhone, di mana tiap versi memiliki pengaturan tersendiri. Tentu Anda bisa menyesuaikan dengan versi iPhone yang digunakan.

5. Untuk melakukan recovery mode di iPhone, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi ulang iOS tanpa perlu menghapus data. Saat Anda muncul pilihan restore atau update, pilihlah update. Kenapa? agar aplikasi iTunes bisa menginstall ulang iOS tanpa perlu menghapus data Anda. Selanjutnya, silakan menunggu hingga iTunes berhasil mengunduh software pada perangkat iOS.

Anda dipersilakan menunggu waktu pengunduhan beberapa saat, hingga layar iTunes keluar secara otomatis. Setelah proses pembaruan atau update selesai, perangkat iOS telah berhasil dipulihkan dengan aman. Anda pun tidak kehilangan data-data penting. Demikian penjelasan cara melakukan recovery mode di iPhone. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES