Peristiwa Internasional

Perkuat Diplomasi dan Promosi Budaya, KBRI Canberra Putar Film 'Terbang: Menembus Langit'

Sabtu, 18 Desember 2021 - 14:12 | 111.85k
Pemutaran film 'Terbang: Menembus Langit' di Balai Kartini yang berlokasi di KBRI Canberra (Foto: KBRI Canberra for TIMES Indonesia)
Pemutaran film 'Terbang: Menembus Langit' di Balai Kartini yang berlokasi di KBRI Canberra (Foto: KBRI Canberra for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Dalam rangka memperkuat diplomasi dan promosi bahasa dan budaya Indonesia, Kantor Atase Pendidikan dan Budaya (Atdikbud) bersama Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Canberra, Australia memutar film Indonesia pada Jumat (17/12/2021). 

Pemutaran film berjudul 'Terbang: Menembus Langit' dilakukan di Balai Kartini yang berlokasi di KBRI Canberra.  Film ini menceritakan tentang Onggy yang terlahir dari sebuah keluarga sederhana di Tarakan, kemudian melanjutkan studi demi meraih gelar sarjana di Surabaya. Pemain utama di film ini di antaranya Laura Basuki, Dion Wiyoko dan Baim Wong.

Terlahir di keluarga sederhana tak membuat Onggy  berhenti bermimpi. Ia ingin melihat dunia, keluar dari Kalimantan. Setelah mendapatkan restu dari keluarganya, Onggy berangkat melanjutkan kuliah ke Surabaya. 

Berbekal nilai-nilai kehidupan yang diberikan oleh ayahnya, Onggy menjalani perjuangan usahanya mulai dari berjualan apel, jagung bakar, dan kerupuk. Lalu datanglah hari di mana Candra masuk ke kehidupannya secara tak sengaja di sebuah salon. Tak menunggu lama, Onggy menikahi Candra dan menjalani proses meraih cita-cita.

kbri film 002

Pemutaran film berdurasi 1 jam 40 menit ini dihadiri oleh siswa, guru, warga Australia yang tergabung dalam Friend of Indonesia, juga diplomat negara sahabat seperti dari Kedutaan Besar Jepang di Canberra. Selain itu juga hadir dalam pemutaran film ini para diaspora Indonesia yang tinggal di Canberra.

Menurut Atdikbud, Mukhamad Najib, acara pemutaran film ini dilakukan untuk memperkenalkan kehidupan Indonesia yang beragam kepada masyarakat Australia dan dunia. Film yang bercerita tentang semangat anak muda meraih mimpi ini juga menurut Najib sangat cocok untuk ditonton oleh anak-anak muda Australia. 

"Minggu ini adalah minggu terakhir siswa di Canberra masuk sekolah, setelah itu mereka libur panjang. Oleh karena itu kami mengundang siswa dan guru untuk nonton bareng film Indonesia. Dengan film ini kita ingin mengenalkan kehidupan Indonesia sekalian memberikan hiburan yang bernilai sebelum mereka liburan," jelas Najib. 

kbri film 003

Kehadiran diaspora Indonesia bersama warga Australia dalam kegiatan ini memungkinkan terjadinya interaksi antar masyarakat yang lebih baik. Mereka bisa saling bercerita mengenai kehidupan dan kebudayaan masing-masing yang dapat saling mendekatkan antara satu sama lain.

Hal ini ditegaskan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Canberra, Ghofar Ismail yang mengatakan bahwa pemutaran film bisa jadi sarana mendekatkan hubungan Indonesia dan Australia. Menurutnya people-to-people engagement sangat penting dalam merawat hubungan antar dua negara dan pemutaran film semacam ini memungkinkan hal itu .

"Film merupakan produk budaya yang merefleksikan kehidupan masyarakat suatu negara. Melalui film Indonesia, maka masyarakat Australia bisa mengenal ragam kehidupan di Indonesia, dengan begitu harapannya bisa terjadi kedekatan karena bisa saling memahami budaya," ucap Ghofar. 

kbri film 004

Selain menonton film bersama, para tamu undangan juga disuguhkan makanan dan minuman ringan khas Indonesia.Diplomat dari kedutaan Jepang, Kasai Satoshi mengatakan senang mengikuti pemutaran film ini. "Saya datang bersama keluarga, saya senang bisa nonton film sambil merasakan makanan Indonesia," ujar Kasai. 

Sementara diaspora Indonesia, ibu Pomo mengaku sudah lama tidak nonton film Indonesia. "Saya tertarik datang karena sudah lama tidak nonton film Indonesia. Film nya bagus, terimakasih untuk KBRI," tambahbta. 

"Jadi kegiatan ini sebenarnya bukan sekedar nonton film, bukan sekedar promosi bahasa Indonesia lewat Film, tapi juga promosi makanan Indonesia. Semoga kegiatan ini juga bisa memperkuat diplomasi Indonesia di Australia," tutup Mukhamad Najib, Atdikbud KBRI Canberra.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES