Peristiwa Internasional

Wow, Kosmonot Rusia Bermain Bulu Tangkis di Luar Angkasa

Sabtu, 18 Desember 2021 - 08:24 | 50.62k
Kosmonot Rusia, yang juga menjadi reporter khusus TASS di luar angkasa Alexander Misurkin bermain bulutangkis di dalam pos ISS. (FOTO: TASS-ISS)
Kosmonot Rusia, yang juga menjadi reporter khusus TASS di luar angkasa Alexander Misurkin bermain bulutangkis di dalam pos ISS. (FOTO: TASS-ISS)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai gaya hidup aktif, awak Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Rusia mengadakan pertandingan persahabatan bulu tangkis di dalam pos orbit sebagai pertunjukan cara hidup yang aktif.

Permainan ini melibatkan anggota kru ISS dan juga miliarder Jepang Yusaku Maezawa dan asisten bisnisnya Yozo Hirano sebagai peserta non-profesional dalam penerbangan luar angkasa.

Pertandingan persahabatan di stasiun luar angkasa itu, seperti dilansir TASS,  bertujuan untuk menarik perhatian pada tantangan demografis yang serius di beberapa negara, termasuk Rusia, yang dimanifestasikan baik dalam penurunan populasi secara umum serta meningkatnya jumlah pensiunan yang melampaui angkatan kerja aktif.

Para pemain bulu tangkis luar angkasa itu yakin bahwa peningkatan kesehatan individu adalah alat utama untuk membalikkan keadaan, yang difasilitasi oleh gaya hidup aktif, termasuk bulu tangkis yang dimasukkan ke dalam sistem latihan fisik kosmonot oleh  pendiri negara, yakni kosmonotika Soviet, Sergey Korolyov pada tahun 1960.

Ketua Dewan Federasi Bulu Tangkis Nasional Rusia, Andrey Antropov mengatakan dalam siaran langsung di Match TV selama sesi komunikasi dengan ISS, bahwa turnamen bulu tangkis  diadakan di Kota Bintang Kosmonot Rusia dekat Moskow dengan partisipasi anggota NASA.

"Kami telah mengatur banyak turnamen. Kontes tahunan yang biasa disebut Star Shuttlecock dan diselenggarakan di Star City. Pada beberapa kesempatan, kami telah mengatur pertandingan dengan NASA. Selama masa pandemi, sebuah turnamen dengan partisipasi lima NASA diadakan perwakilan yang berakhir dengan kemenangan persahabatan," katanya.

Ini bukan pertama kalinya sebuah permainan simbolis digelar dalam keadaan tanpa bobot.

Sebelumnya, permainan serupa terjadi pada Februari 2018 dan mempertemukan kosmonot Roscosmos Alexander Misurkin dan Anton Shkaplerov, astronot NASA Mark Vande Hei dan Joseph Acaba, serta astronot JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) Noisige Kanaj.

Pertandingan bulu tangkis di ISS kali ini bertepatan dengan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis yang berlangsung di Spanyol (12-19/12/2021).

Pada 17 November lalu, kantor berita TASS Rusia dan Perusahaan Luar Angkasa Negara Roscosmos menandatangani nota kerja sama, yang memungkinkan pendirian kantor perwakilan berita TASS di ISS.

Berdasarkan perjanjian tersebut, kosmonot Roscosmos, Pahlawan Rusia, Alexander Misurkin telah menjadi koresponden TASS pertama di luar angkasa.

Dia sekarang melaporkan rutinitas harian stasiun luar angkasa. Informasi terbarunya dari luar angkasa tersedia untuk pembaca agensi dari sumber berita TASS dan kontribusi foto dan videonya diunggah ke situs web agensi dan halaman resmi di media sosial.

Setelah 12 hari mengorbit, kosmonot Roscosmos Alexander Misurkin asal Rusia, miliarder Jepang Yusaku Maezawa dan asisten bisnisnya Yozo Hirano yang sempat mengadakan pertandingan bulutangkis di luar angkasa itu akan kembali ke Bumi pada pagi hari tanggal 20 Desember nanti.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES