Peristiwa Internasional

Mengenal Barreleye, Ikan Seram Langka yang Muncul di Pedalaman Laut California

Jumat, 17 Desember 2021 - 15:52 | 207.26k
Barreleye memiliki bentuk unik dan transparan. (Foto: MBARI)
Barreleye memiliki bentuk unik dan transparan. (Foto: MBARI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Baru-baru ini ilmuwan menemukan penampakan Barreleye di pedalaman laut California, AS.

Barreleye merupakan ikan yang hidup di pedalaman dan merupakan ikan langka yang jarang muncul dan susah sekali ditemui. Kemunculannya di pedalaman laut California menunjukkan bahwa ekosistemnya masih terjaga meskipun acapkali ikan ini sangat susah untuk ditemukan.

Barreleye yang memiliki nama latin Macropinna Microstoma ini memiliki bentuk kepala menggelembung seperti ikan lohan namun tanpa benjolan. Kulit kepalanya dan ekornya tipis dan transparan sehingga kita bisa melihat tembus ke dalamnya. Di dalam kepala terdapat dua butiran mata berwarna hijau kelereng.

Mata barreleye mengarah ke atas. Ikan dengan warna kulit coklat gelap ini umumnya memakan bangsa udang kecil. Ikan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1939. Barreleye bisa ditemui di berbagai pedalaman laut di penjuru dunia mulai dari Jepang hingga California.

Ikan ini ditemukan di pedalaman laut California oleh tim ilmuwan dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) dan Monterey Bay Aquarium. Pihak ilmuwan mengatakan bahwa sudah kesembilan kalinya mereka menemukan ikan ini setelah 5.600 kali penyelaman selama ini.

Saat ditemukan, ikan ini sedang berenang pada kedalaman antra 500-600 meter di bawah permukaan air laut. Ilmuwan mengatakan bahwa barreleye yang mereka temui memiliki panjang sekitar 15 centimeter. Ikan ini kadang ditemui sedang berenang diantara Sinofora, organisme laut dengan panjang sekitar 10 meter untuk mencari mangsa.

Ikan ini tidak mampu memproduksi cahaya seperti ikan pedalaman lainnya. Jadi tanpa bantuan cahaya lampu barreleye akan kelihatan seperti ikan biasa.

"Warna biru kehijauan dimata ikan tersebut adalah pigmentasi yang membantu mereka (barreleye) menangkap mangsa," ungkap salah satu ilmuwan MBARI California dalam unggahannya di Facebook seperti dilansir dari Newsweek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES