Tekno

Yes, Semua Informasi Kuliner dan Wisata Lampung Tengah Bisa Diakses di Aplikasi

Rabu, 15 Desember 2021 - 15:18 | 85.40k
SIPPARTA, Aplikasi seputar informasi pariwisata, kuliner, hotel di Kabupaten Lampung Tengah. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
SIPPARTA, Aplikasi seputar informasi pariwisata, kuliner, hotel di Kabupaten Lampung Tengah. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMPUNG – Melalui Dinas Pariwisata, Pemkab Lampung Tengah terus melakukan inovasi untuk mempromosikan setiap destinasi yang ada. Inovasi terbaru, kini wisatawan Nusantara disajikan kemudahan mengakses semua informasi seputar wisata, UMKM, hotel, kuliner dan oleh-oleh khas Lampung Tengah melalui sebuah aplikasi pintar. 

Aplikasi tersebut bernama Sistem Informasi Pesona Pariwisata Lampung Tengah (SIPPARTA). Aplikasi ini adalah sebuah produk digital yang diluncurkan oleh Pemkab Lampung Tengah untuk mendongkrak sektor ekonomi setempat.

Di dalam aplikasi ini, wisatawan bisa mengetahui semua destinasi wisata yang ada secara lengkap. Seperti foto, keterangan, fasilitas, tourism activity, harga paket tour wisata hingga lokasi yang sudah tercatat di dalam Google Map. 

Tidak hanya wisata, aplikasi tersebut juga memuat informasi rumah makan, restoran, hotel, homestay dan juga kuliner khas Lampung Barat. Juga terdata UMKM dengan berbagai produk yang dibuatnya, lengkap disertakan informasi kontak jika ingin melakukan pemesanan produk. 

"Aplikasi ini diharapkan mempermudah wisatawan untuk menjadwal kunjungan dan membantu wisatawan memanajemen liburan ke Lampung Tengah ini," kata Hi. Sarjito, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (15/12/2021). 

Untuk membumikan semua potensi Lampung Tengah, Dispar sendiri sudah melakukan serangkaian sosialisasi kepada masyarakat. Terutamanya kepada kelompok milenial. 

Selain itu, Dispar sendiri sudah berkoordinasi dengan semua Pokdarwis dari setiap wisata yang ada. Dalam waktu dekat, Dispar akan menggelar sejumlah festival kearifan lokal yang bertujuan memamerkan kebudayaan dan kesenian lokal. 

"Dalam waktu dekat nanti akan ada rangkaian even berupa festival kebudayaan dan kesenian daerah," kata Sarjito.

Sementara itu, Wakil Bupati Lampung Tengah mendorong Dinas Pariwisata untuk lebih berinovasi. Menurutnya, kondisi alam Lampung Tengah sangat mendukung untuk dijadikan sebagai negeri seribu petualangan. Namun, upaya ini tentunya membutuhkan kerjasama banyak pihak dan promosi yang getol.

"Perlu sekali adanya edukasi dan promsi. Agar wisata Lampung Tengah ini bisa dikenal dan menarik kunjungan wisatawan. Baik lokal ataupun luar daerah," kata Wabup Ardito Wijaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES