News Commerce

Indahnya Perjamuan Nusantara di Djaman Doeloe Resto & Bar Four Points By Sheraton Surabaya

Rabu, 15 Desember 2021 - 06:21 | 100.83k
Perjamuan Nusantara yang digelar di Djaman Doeloe Resto & Bar, Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah. (FOTO: Four Points by Sheraton Surabaya)
Perjamuan Nusantara yang digelar di Djaman Doeloe Resto & Bar, Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah. (FOTO: Four Points by Sheraton Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Lewat acara Perjamuan Nusantara, Djaman Doeloe Resto & Bar, Four Points by Sheraton Surabaya Pakuwon Indah ingin menggaungkan budaya Indonesia. Hal tersebut mengingat Djaman Doeloe Resto memiliki visi dan misi untuk melestarikan budaya Indonesia.

Perjamuan Nusantara adalah acara yang bertepatan dengan hotel anniversary Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah yang kedua. Pihaknya mengundang Acaraki Jamu dari Jakarta untuk mengambil alih bar mereka dalam acara tersebut.

"Di event 2nd anniversary tahun ini, kami menggandeng Acaraki Jamu yang merupakan brand jamu terkenal dari Jakarta. Tidak hanya produk, kemasan dan prosesnya yang unik, tetapi mereka juga memiliki story yang kuat dalam menyajikan setiap hidangan jamunya," ujar Rizal Afandi, Complex Director of Food and Beverages Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah dan The Westin Surabaya, Selasa (14/12/2021).

Four-Points-by-Sheraton-Surabaya-2.jpg

Ia mengatakan, yang terpenting, misi Four Points by Sheraton Surabaya sendiri adalah melestarikan budaya dan kuliner Indonesia. Menurutnya Acaraki Jamu memiliki semangat yang sama dengan Djaman Doeloe Resto untuk melestarikan budaya.

"Bedanya, mereka dengan jamunya, kalau Djaman Doeloe Resto & Bar dari kreasi makanan dan ambience keseluruhan dari restorannya,” terang Rizal.

Adapun menu buffet yang disajikan di ‘Perjamuan Nusantara’ oleh Djaman Doeloe Resto & Bar merupakan kreasi dari Head Chef Djaman Doeloe Resto & Bar, Chef Lukman Santoso. Salah satu highlight menu-nya adalah Nasi Boranan Lamongan, yaitu Nasi Jagung dengan Ayam Kare, Urap Urap, Telur Bali, Botok Tahu Teri.

"Salah satu menu special untuk malam ini ada Nasi Boranan Lamongan, karena seluruh bahan masakannya juga dari bahan herbal, seperti jahe dan kunyit. Seperti bahan minuman jamu yang disajikan Acaraki. Jadi betul-betul cocok sebagai hidangan Perjamuan Nusantara yang sehat, lezat, dan Indonesia banget.”, jelas Chef Lukman.

Acaraki sendiri adalah sebutan atau gelar pada masa Majapahit yang disematkan pada orang yang ahli meracik jamu. Acaraki sendiri menyajikan minuman tradisional Indonesia yaitu jamu dengan teknik menyajikannya seperti membuat Kopi, mulai dari roasting, grinder hingga teknik seduh seperti V60, Rockpresso, Cold Drip dan Aero Press.

Mulai dari 'Jaman Batu' yang dibuat dari ekstraksi tiga jenis jahe-jahe seperti jahe merah, jahe gajah, jahe emprit yang di padu padankan dengan madu dan lemon, serta biji selasih yang memperkaya tekstur dari jamu ini.

Beras Kencur juga menjadi salah satu ikon yang wajib di coba, dengan teknik V60 modern membuat beras kencur memiliki tekstur yang ringan dan tambahan susu kental manis serta krimer membuat rasa yang unik saat mencobanya.

Selain itu Acaraki juga mengenalkan jamu dengan kemasan modern yang unik supaya bisa menjangkau lebih banyak kalangan termasuk anak muda.

Salah satu menu yang menjadi menu favorit adalah Golden Sparkling yang terbuat dari kunyit asam yang di racik dengan mengunakan Flair Espresso Maker yang membuat aroma dari jamu semakin keluar, dan ditambah dengan Sparkling Water yang membuat rasa dari Golden Sparkling ini semakin segar dengan aroma rempah yang kuat.

Djaman Doeloe Resto & Bar sendiri adalah restoran yan terletak di Lantai M3 di Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah. Resto inimenawarkan suasana Indonesia yang kental untuk pengalaman bersantap terbaik dengan konsep Indonesia 'di jaman dulu' lewat beragam ornamen tradisional seperti gerobak, alu, dan wayang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES