News Commerce

Tips Mengelola Restoran Agar Selalu Ramai Pengunjung

Selasa, 14 Desember 2021 - 08:45 | 128.30k
(FOTO: bp-guide)
(FOTO: bp-guide)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak hal yang harus diperhatikan ketika sedang menjalankan bisnis restoran, misalnya modal produksi, promosi bisnis, hingga manajemen restoran. Jangan sampai hanya memperhatikan satu aspek saja namun sampai melupakan aspek yang lain, dan mengabaikan tujuan utama Anda menjalankan bisnis ini, yakni restoran yang ramai pengunjung.

Sebagai contoh, Anda melakukan promosi dan membuat restoran yang Anda kelola menjadi ramai dan dikenal oleh banyak orang. Tapi jika nantinya restoran Anda sepi pengunjung, janganlah dulu berkecil hati. Kali ini Kami akan membagikan info mengelola restoran agar tidak hanya menjadi restoran hits semata namun juga punya potensi agar restoran yang Anda kelola selalu ramai pengunjung. Agar anda bisa fokus dalam membuat restoran yang Anda miliki ramai pengunjung, Anda dapat menggunakan software akuntansi restoran untuk mengurus akuntansi restoran Anda. 

Konsep Restoran Yang Ramai dan Menarik

Sebuah data menunjukkan bahwa tema menarik pada restoran kini menjadi pertimbangan yang sangat penting. Memilih tema yang menarik sangatlah penting karena generasi milenial dan gen z lebih mudah terkesan dengan konsep dan suasana restoran yang unik.

Namun apapun konsep dari restoran, kenyamanan restoran tetap harus jadi perhatian. Dan tidak ada salahnya jika Anda juga menyediakan fasilitas Wi-Fi untuk pengunjung restoran untuk semakin memanjakan mereka.

Melakukan Inovasi Secara Terus Menerus

Menu makanan harus terus mengalami inovasi karena pada dasarnya orang berkunjung ke sebuah restoran tidak hanya untuk sekedar makan, namun juga mencoba menu baru yang mungkin belum pernah mereka coba.

Anda harus selalu memutar otak dan mencoba mengembangkan kreatifitas untuk menemukan menu baru yang terus mendapatkan update secara berkala. Dengan demikian, pengunjung akan selalu mengunjungi restoran Anda karena tertarik dengan menu baru yang tersaji.

Menyajikan Menu Khusus

Tidak semua orang memiliki selera makanan yang sama, terlebih lagi jika ada beberapa orang yang hanya bisa menyantap jenis hidangan tertentu. Maka tidak ada salahnya jika Anda juga menyediakan menu khusus untuk pengunjung restoran tersebut.

Semisal menu untuk pengunjung vegetarian, menu rendah lemak bagi yang sedang menjalani diet, atau menu makanan sehat yang khusus untuk pengunjung restoran Anda yang kian ramai dari waktu ke waktu.

Marketing Online untuk Menjadikan Restoran yang Semakin Ramai

Mempromosikan restoran tidak hanya berhenti di marketing konvensional saja, seperti memasang spanduk atau menyebar pamflet. Sudah makin banyak pemilik usaha restoran mengiklankan bisnisnya melalui marketing secara online misalnya melalui sosial media.

Saat ini melakukan promosi dengan meramu social media strategy lebih mendominasi daripada promosi secara offline. Pastikan juga Anda mempromosikan restoran melalui media sosial yang sesuai dengan target Anda.

Menyediakan Berbagai Macam Pelayanan

Jangan sampai restoran Anda ketinggalan zaman, terutama ini era teknologi digital seperti sekarang ini. Bekerja sama dengan layanan food delivery akan memberikan keuntungan yang lebih besar karena Anda memudahkan proses pemesanan makanan bagi konsumen.

Tidak hanya mencapai tujuan restoran yang ramai, Anda bisa mendapatkan tambahan pemasukan dari layanan ini. Seperti misalnya dari biaya pengiriman makanan yang dipesan secara online oleh pelanggan.

Gunakan Software Untuk Meningkatkan Pelayanan

Salah satu software restoran yang banyak dipakai oleh pebisnis restoran adalah software akuntansi. Penggunaan software akuntansi restoran saat ini sudah sangat luas di berbagai sektor bisnis dan industri. Software akuntansi restoran dapat menyederhanakan proses bisnis dan membantu meningkatkan layanan pelanggan.

Software akuntansi restoran tidak hanya berguna untuk membuat laporan keuangan secara akurat, namun juga membantu mencatat database pelanggan. Sebagai contoh, sistem akuntansi bisa menyimpan data transaksi hingga hari ulang tahun pelanggan.

Dengan mengetahui hari ulang tahun pelanggan, Anda bisa berkesempatan untuk memberikan layanan spesial bagi pelanggan yang sedang berulang tahun. Hal ini tentu akan membuat pelanggan senang karena merasa diapresiasi.

Selain sistem akuntansi, sistem POS juga tidak kalah penting untuk bisnis restoran. Dengan sistem POS, pelayanan staff di restoran akan meningkat. Hal ini karena sistem POS dapat mempercepat proses transaksi sehingga sistem kerja karyawan pun bisa berjalan dengan efisien.

Semoga artikel ini dapat membantu para calon pebisnis restoran agar tidak hanya memiliki visi untuk menjadikan restoran yang hits di berbagai kalangan. Pemilik restoran juga harus memiliki konsep, ciri khas, dan kualitas layanan yang baik. Dengan demikian pengunjung restoran punya alasan mengapa restoran Anda layak untuk dikunjungi dari waktu ke waktu.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES