Peristiwa Internasional

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa Positif Covid-19

Senin, 13 Desember 2021 - 22:20 | 45.86k
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa berbicara selama upacara peringatan kenegaraan mantan Presiden FW de Klerk di gereja Groote Kerk di Cape Town pada 12 Desember 2021. (FOTO: CNN)
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa berbicara selama upacara peringatan kenegaraan mantan Presiden FW de Klerk di gereja Groote Kerk di Cape Town pada 12 Desember 2021. (FOTO: CNN)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa dinyatakan positif Covid-19. Kini ia dirawat dengan gejala ringan dan diisolasi di Cape Town dan dipantau oleh Dinas Kesehatan Militer Afrika Selatan.

"Cyril Ramaphosa sebenarnya sudah menjalani vaksinasi penuh, namun ia mulai merasa tidak sehat setelah meninggalkan upacara peringatan kenegaraan untuk mantan Presiden FW de Klerk di Cape Town pada hari Minggu," kata pihak kepresidenan seperti dilansir Al Jazeera, Senin (13/12/2021). 

Pemimpin Afrika Selatan berusia 69 ini telah mendelegasikan semua tugas dan tanggung jawab sebagai presiden kepada Wakil Presiden, David Mabuza sampai minggu depan.

Kepresidenan tidak menegaskan apakah Ramaphosa telah terinfeksi varian Omicron dari virus corona. Dilansir BBC, dalam sebuah pernyataan, disebutkan, Cyril Ramaphosa memiliki gejala ringan.

Afrika Selatan telah mengalami lonjakan infeksi sejak varian Omicron baru pertama kali terdeteksi pada November.

Sebuah penelitian menemukan, meskipun Omicron lebih mudah menular daripada jenis sebelumnya, termasuk Delta, namun risiko penyakit ini menjadi parah dan kematian, rendah.

Kepresidenan Afrika Selatan menambahkan, Ramaphosa dinyatakan positif pada hari Minggu pagi tapi dalam semangat yang baik. Ramaphosa baru saja kembali dari tur tujuh harinya ke Nigeria, Pantai Gading, Ghana dan Senegal.

Wartawan BBC yang mengikuti perjalanan itu menulis, beberapa anggota delegasi Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa juga dinyatakan positif Covid-19 saat berada di Nigeria dan langsung kembali ke Afrika Selatan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES