Peristiwa Internasional

Update Tornado AS: 57 Ribu Warga Detroit Kehilangan Pasokan Listrik

Senin, 13 Desember 2021 - 09:32 | 40.04k
Truk pengangkut alat berat DTE disiagakan di area Detroit, Minggu (12/12/2021). (FOTO: Screenshot)
Truk pengangkut alat berat DTE disiagakan di area Detroit, Minggu (12/12/2021). (FOTO: Screenshot)

TIMESINDONESIA, JAKARTATornado yang menghempas beberapa negara bagian di AS tak hanya merenggut korban jiwa. Bagi mereka yang selamat dan lepas dari hantaman tornado, mereka masih harus berjibaku dengan masalah hilangnya pasokan listrik ke daerahnya. Seperti yang dialami warga Detroit, Michigan saat ini.

Sudah 2 hari Sabtu dan Minggu, 11-12 Desember waktu setempat sekitar 57 ribu pelanggan listrik di Detroit kehilangan pasokan listrik  mereka. Hal ini disebabkan tornado yang menerpa area mereka merobohkan beberapa infrastruktur dan pohon besar.

Bangunan yang roboh dan pohon yang tumbang  merusak fasilitas listrik di jalan dan berbagai wilayah vital. Pemerintah kota hingga saat ini masih berupaya membersihkan puing-puing dan robohan pohon di beberapa wilayah Detroit. Hal ini mewajibkan pihak DTE (setara PLN) mematikan aliran listrik ke daerah-daerah terdampak demi keselamatan pekerja.

Tornado yang menerpa Detroit jugamengakibatkan setidaknya 160 ribu warga harus kehilangan sambungan listrik mereka. Hal ini disebabkan putusnya atau rusaknya kabel listrik ke wilayah mereka.

Hingga saat ini, sekitar 2,122 petugas DTE diturunkan ke lapangan untuk mengecek kerusakan dan memperbaiki kerusakan secepat mungkin. Dari vidoe yang diunggah Click on Detroit  tampak jalanan kota tersebut dipenuhi petugas dari DTE yang sedang bekerja serta kabel-kabel listrik yang putus berserakan.

Garis polisi dipasang, alat-alat berat pun dikeluarkan dan suara gaduh bor besar pun terdengar di sana-sini. Untuk mengatasi hilangnya pasokan listrik banyak warga yang menggunakan genset untuk menerangi rumah mereka. "Yang penting kulkas menyala," ungkap Mark Pressey, warga local Detroit.

Hilangnya pasokan listrik di Detroit merupakan cobaan bagi mereka yang sebagian besar merayakan Natal. Diketahui warga AS umumnya sudah memasang dekorasi natal termasuk lampu hias mulai awal Desember kemarin. Pemerintah setempat juga menghimbau para warganya agar tetap berhati-hati karena kemungkinan besar pohon tumbang akibat kuatnya tornado dan menimpa kabel listrik masih akan terjadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES