News Commerce

6 Tips Memilih Batu Alam untuk Dinding Rumah Minim Salah!

Senin, 13 Desember 2021 - 09:00 | 53.51k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebelum semen dijadikan alternatif favorit bahan baku pembangunan rumah, batu alam adalah material premium untuk konstruksi rumah. Kesan dan nilai estetis yang diberikan batu alam pada rumah menjadikannya kembali sebagai primadona dekorasi terutama untuk area dinding rumah. 

Agar pengaplikasiannya efektif dan minim kesalahan, pastikan Anda memahami tips memilih batu alam untuk dinding rumah. 

Bukan hanya corak dan budget saja yang patut ada dalam pertimbangan ketika memilih batu alam untuk dinding rumah. Di sana, ada beberapa hal teknis untuk Anda persiapkan. 

Agar lebih mudah, kami susunkan poin-poin utama yang dapat membantu Anda meminimalisir kesalahan dalam memilih dan mengaplikasikan penggunaan batu alam untuk dinding rumah Anda berikut ini.

Kenali Jenis Batu Alam Untuk Tiap Tempat

Ketika memilih material dekoratif, seringnya intuisi tertarik pada visual yang bagus. Sangat wajar ketika Anda mengutamakan mencari batu alam yang bagus untuk dinding, tetapi bagus tidak selamanya cocok. 

Anda perlu mengenali jenis-jenis batu alam beserta karakternya yang berkesesuaian dengan tempat atau media aplikasi batu alam tersebut. Contohnya, apakah batu alam seperti batu alam pontianak lebih cocok diaplikasikan pada dinding luar atau dinding dalam rumah.

Sesuaikan Tema Rumah dan Dekorasi 

Jika sudah mengenal jenis batu alam apa yang tepat untuk diletakan di dinding mana, maka selanjutnya Anda perlu menyesuaikannya dengan tema rumah dan dekorasinya untuk mendapatkan keselarasan yang menyeluruh.

Perhatikan ukuran batu alam yang sesuai dengan karakter rumah yang ingin Anda hidupkan. Warna, corak dan motif batu alam juga patut Anda pertimbangkan karena akan memberi ambiance yang berbeda. 

Aplikasi Bentuk Batu Alam Untuk Dinding

Untuk menonjolkan kesan strong pada dinding luar tentunya Anda butuh bentuk yang berbeda untuk dinding bagian dalam.

Anda bisa mempelajari pola tekstur, bulir dan urat-urat batu alam. Pertimbangkan batu alam dengan tekstur alami atau batu alam ukir untuk dinding rumah, sesuai dengan tema yang ingin disajikan. 

Cek Daya Tahan dan Ketahanan Terhadap Noda 

Menurut World Of Stone USA , mengecek daya tahan batu alam untuk dinding bisa dinilai dengan tiga matriks dasar, yaitu splitting, crumbling dan cracking. Ini menjadi poin penting agar tidak salah dalam aplikasi dan perawatannya.

Ketahanan terhadap noda dari batu alam untuk dinding luar rumah atau dalam rumah juga perlu Anda perhatikan. Cari tahu bagaimana karakter penyerapan air, komposisi dan penampakannya untuk mengecek ketahanannya terhadap noda.

Seleksi Pelapis dan Perekat Batu Alam Yang Tepat

Cek pula jenis perekat dan pelapis (finishing treatment) untuk tipe batu alam yang Anda pilih. Setiap jenis batu alam memiliki finishing atau pelapis berbeda yang disesuaikan dengan karakter dan penempatannya. Cek juga jenis perekat yang paling tepat untuk masing-masing batu alam.

Untuk hal teknis seperti ini, memang sudah sepatutnya memperbanyak referensi serta berkomunikasi dengan tenaga ahli seperti yang dimiliki oleh tim Arema Batu Alam, Pontianak. 

Perhitungkan budget

Bukan hanya tentang harga dari batu alam yang diincar, tetapi Anda perlu memperhitungkan pula biaya pemasangannya secara keseluruhan. Tidak hanya itu, cara perawatan batu alam juga akan berpengaruh pada perhitungan budget.

Hindari membeli batu alam yang memerlukan perawatan jangka panjang dengan biaya yang terlalu mahal. 

Memilih batu alam untuk dinding memang tidak mudah. Sudah menjadi hal lumrah untuk memperbanyak referensi sebagai persiapan. Di samping itu, Anda dapat menyerahkan hal tersebut dengan tenang pada ahlinya, seperti Arema Batu Alam, Pontianak. 

Selain menjamin ketersediaan beragam pilihan batu alam terbaik di kelasnya dengan harga yang kompetitif, Arema Batu Alam, Pontianak sudah dipercaya menangani berbagai klien rumahan hingga kontraktor nasional. Tunggu apalagi? Segera hubungi kami. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES